Kompas.com - 12/06/2022, 08:01 WIB

KOMPAS.com - Gangguan saraf langka ramsay hunt syndrome dikenal sebagai salah satu penyebab kelumpuhan wajah.

Namun, beberapa penyakit ternyata juga bisa menyebabkan sebagian otot di salah satu atau kedua sisi wajah.

Untuk meningkatkan kewaspadaan pada masalah kesehatan ini, kenali beberapa penyebab kelumpuhan wajah yang perlu Anda ketahui.

Baca juga: Ramsay Hunt Syndrome: Faktor Risiko, Gejala, dan Cara Pengobatan

Penyebab kelumpuhan wajah

Kelumpuhan wajah bisa disebabkan kerusakan saraf yang membawa sinyal dari otak ke otot wajah, atau sebaliknya dari otak ke wajah.

Berikut beberapa penyakit atau kondisi yang bisa menyebabkan masalah kesehatan ini:

  • Bell’s palsy

Dilansir dari PennMedicine, bell’s palsy adalah penyebab kelumpuhan wajah yang sering menyerang. Kondisi ini biasanya disebabkan peradangan pada saraf wajah.

Gejala pembekuan darah di otak tak hanya sakit kepala. Penderita juga bisa merasakan gangguan penglihatan sampai koordinasi tubuh.

Setelah diobati dan terapi fisik untuk merangsang saraf di wajah, bell’s palsy biasanya membaik dalam waktu minimal dua minggu. Namun, wajah terkulai baru bisa kembali normal beberapa bulan kemudian, tergantung kondisi saraf.

Stroke juga bisa menyebabkan kelumpuhan wajah. Kondisi ini biasanya hanya terjadi di wajah bagian bawah, sehingga bibir tampak perot, susah menelan, pelo saat bicara, dan disertai gejala kelumpuhan di salah satu sisi tubuh.

Penyebab stroke bisa karena kerusakan atau pecahnya pembuluh darah di otak. Risiko terkena penyakit ini dapat meningkat karena obesitas, kurang gerak, jarang olahraga, pola makan tidak sehat, sampai merokok.

Baca juga: Kenali Apa itu Bells Palsy yang Sekilas Mirip Gejala Stroke

  • Tumor

Kelumpuhan wajah juga bisa disebabkan tumor otak, tumor saraf tepi, dan tumor yang menekan saraf wajah. Berbeda dari kelumpuhan wajah karena penyakit lain, kondisi ini biasanya berkembang secara perlahan-lahan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.