Kompas.com - 14/06/2022, 20:01 WIB

KOMPAS.com – Sebagian orang merasakan tubuhnya mengeluarkan lebih banyak keringat di malam hari.

Kondisi ini wajar terjadi apabila cuaca cukup panas. Namun, ada kalanya keringat berlebihan ini terjadi setiap malam sampai membuat orang jadi susah tidur atau terjaga di sela-sela istirahatnya.

Beragam kondisi dan penyakit bisa jadi penyebab produksi keringat meningkat setiap malam hari. Simak penjelasan berikut.

Baca juga: 10 Penyebab Biang Keringat, Tak Hanya karena Cuaca Panas

Penyebab keringat berlebihan di malam hari

Dilansir dari WebMD, ada banyak faktor yang bisa jadi penyebab seseorang banyak mengeluarkan keringat di malam hari, di antaranya:

  • Hiperhidrosis

Hiperhidrosis adalah kondisi yang membuat produksi keringat terus-menerus berlebihan. Penyebab kondisi ini terkadang tidak diketahui secara pasti.

  • Infeksi virus, bakteri, jamur

Segala jenis infeksi bakteri, virus, dan jamur bisa menyebabkan gejala keringat berlebihan di malam hari. Di antaranya tuberkulosis (TBC), flu, tipes, radang katup jantung, peradangan tulang, abses, sampai HIV/AIDS.

  • Menopause

Penyebab keringat berlebihan di malam hari pada wanita paling sering terkait menopause. Menjelang atau saat menopause, wanita bakal merasakan gejala hotflashes atau tubuh mendadak kepanasan.

  • Gula darah rendah

Kadar gula darah rendah atau hipoglikemia juga bisa membuat produksi keringat berlebihan di malam hari. Kondisi ini biasanya dialami penderita diabetes yang menjalani terapi insulin.

Baca juga: 8 Penyebab Berkeringat Saat Tidur Malam dan Cara Mengatasinya

  • Efek obat tertentu

Beberapa jenis obat seperti antidepresan dan penurun demam terkadang memiliki efek samping memicu produksi keringat berlebihan, termasuk di malam hari.

  • Hormon tidak seimbang

Gangguan produksi hormon, baik kelebihan atau kekurangan hormon tertentu; seperti hipertiroid, feokromositoma, atau sindrom karsinoid juga bisa ditandai dengan gejala keringat berlebihan di malam hari.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.