Kompas.com - 26/06/2022, 12:01 WIB

KOMPAS.com - Hipotiroid adalah penyakit yang membuat kelenjar tiroid kurang aktif dan tidak dapat menghasilkan hormon dalam jumlah yang cukup.

Akibat tubuh kekurangan hormon tiroid, penderita bisa mengalami gangguan metabolisme.

Penyebab hipotiroid bisa berasal dari penyakit, efek sejumlah obat, sampai kurang atau kelebihan nutrisi tertentu. Simak penjelasan berikut.

Baca juga: Kenali Gejala Hipotiroid pada Bayi, Anak, dan Orang Dewasa

Penyebab hipotiroid

Ada banyak alasan kenapa kelenjar tiroid tidak dapat menghasilkan hormon dalam jumlah yang cukup.

Dilansir dari American Thyroid Association, berikut beberapa penyebab hipotiroid dari yang paling sering sampai yang jarang:

  • Penyakit autoimun

Penyakit autoimun seperti tiroiditis autoimun, tiroiditis hashimoto, dan tiroiditis atrofi bisa membuat sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melindungi tubuh justru menyerang sel kelenjar tiroid. Akibatnya, produksi hormon tiroid berkurang.

  • Operasi kelenjar tiroid

Beberapa orang yang memiliki benjolan di kelenjar tiroid, kanker tiroid, atau penyakit graves perlu menjalani operasi pengangkatan kelenjar tiroid. Apabila seluruh kelenjar tiroid diangkat, efeknya orang bisa mengalami hipotiroid.

  • Efek terapi radiasi

Penyakit graves, gondok, kanker tiroid, limfoma, penyakit hodgkin, kanker kepala dan leher terkadang perlu diobati terapi radiasi dan yodium radioaktif. Terapi ini bisa memengaruhi kelenjar tiroid dan menyebabkan hipotiroid.

Baca juga: 12 Gejala Hipotiroid yang Perlu Diwaspadai

  • Kelainan bawaan

Beberapa bayi terlahir dengan kelainan bawaan hipotiroid kongenintal. Kondisi ini membuat bayi tidak memiliki kelenjar tiroid, hanya memiliki sedikit kelenjar tiroid, atau kelenjar tiroid posisinya tidak normal.

  • Infeksi virus

Infeksi virus yang menyerang kelenjar tiroid bisa menyebabkan kelenjar ini meradang. Akibatnya, seluruh cadangan hormon tiroid di dalam tubuh bisa terkuras. Peradangan juga bisa memicu hipertiroid (kelenjar tiroid sangat aktif), lalu kelenjar tiroid berangsung-angsur kurang aktif.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.