Kompas.com - 10/07/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Lonjakan kadar kolesterol dan tekanan darah usai menyantap daging sapi atau kambing sering membuat kita khawatir.

Padahal, kadar kolesterol dan tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai gejala yang membuat badan terasa tidak nyaman.

Selain itu, keduanya juga dapat menyebabkan komplikasi yang dapat membuat jantung bermasalah.

Baca juga: 7 Komplikasi Kolesterol Tinggi dan Cara Pencegahannya

Kendati demikian, tidak semua orang merasakan gejala tersebut. Ada pula yang menganggap beberapa kondisi seperti pusing atau mengantuk sekadar efek kelelahan saja.

Untuk itu, Anda sebaiknya melakukan pencegahan lonjakan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Salah satu cara di antaranya dengan konsumsi kayu manis.

Kayu manis atasi lonjakan kolesterol

Mengutip Mayo Clinic, sebuah penelitian menyatakan bahwa kayu manis dapat mencegah dan menurunkan kolesterol setelah seseorang menyantap daging sapi.

Rempah-rempah ini dapat mengurangi kolesterol LDL yang jahat dan trigliserida. Sementara itu, kadar kolesterol baik (HDL) tetap stabil.

Penelitian yang terbit tahun 2018 menemukan bahwa kandungan dalam kayu manis yang dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol adalah Cinnamaldhyde. Meski begitu, bagaimana cara kerja kandungan ini dalam menurunkan kolesterol masih perlu penelitian lebih lanjut.

Kayu manis turunkan tekanan darah

Selain itu, kayu manis juga dapat memberikan efek untuk menurunkan tekanan darah. Hal ini diketahui melalui penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Hindawi tahun 2014.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kayu manis memberikan efek melebarkan dan melemaskan pembuluh darah. Inilah yang nantinya memberikan manfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.