Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Posisi Tidur untuk Mengurangi Mual saat Hamil

Kompas.com - 13/07/2022, 21:30 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Seperti namanya, morning sickness atau mual saat hamil identik sebagai masalah kesehatan yang muncul di pagi hari.

Tapi, sebagian wanita yang baru awal mengandung buah hatinya jamak merasakan mual saat hamil sepanjang hari, termasuk di malam hari.

Kondisi yang bikin tak nyaman karena perubahan hormon ini tak pelak membuat ibu hamil susah tidur di malam hari.

Berikut posisi tidur untuk mengurangi mual saat hamil berikut tips mengatasi masalah kesehatan ini.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

Posisi tidur untuk mengurangi mual saat hamil

Dilansir dari SleepAdvisor, posisi tidur untuk mengurangi mual saat hamil yang direkomendasikan adalah tidur miring ke kiri.

Posisi tidur ini paling pas untuk ibu hamil di trimester awal dan akhir kehamilan.

Posisi tidur miring ke kiri tak hanya mengurangi mual saat hamil, tapi juga bisa meningkatkan sirkulasi dan aliran darah. Dengan begitu, nutrisi penting bisa sampai ke plasenta janin.

Selain itu, studi juga membuktikan posisi tidur ini dapat mencegah tekanan rahim bertumpu pada vena, punggung, dan organ dalam.

Dikutip dari SleepFoundation, ibu hamil yang merasa payudaranya nyeri atau tertekan ketika posisi tidurnya miring ke kiri bisa menggunakan bra yang longgar atau nyaman untuk meredakannya.

Jika ibu hamil merasa sesak dan kurang nyaman dengan posisi ini, ibu hamil boleh saja mengganti posisinya jadi tidur telentang atau miring ke kanan.

Baca juga: 8 Tanda Kehamilan Awal, Tak Hanya Mual dan Haid Terlambat

Cara mengatasi mual saat hamil di malam hari

Selain menerapkan posisi tidur yang pas, untuk mengurangi mual saat hamil coba beberapa cara berikut:

  • Pastikan kecukupan nutrisi saat hamil. Kekurangan zat gizi tertentu bisa memperparah mual. Jika perlu, konsultasikan ke dokter perlu tidaknya minum suplemen vitamin prenatal
  • Hindari makan berlebihan. Coba ganti pola makan dengan porsi kecil-kecil tapi lebih sering. Selain itu, hindari juga terlalu banyak makanan pedas dan berlemak untuk mencegah asam lambung naik dan mual semakin parah
  • Jangan makan besar apabila sudah mepet atau masuk jam tidur. Hal ini bisa membuat mual semakin parah. Jika ibu hamil mendadak lapar sebelum tidur atau terbangun karena lapar, coba konsumsi biskuit untuk mengganjal perut
  • Pastikan hidrasi sepanjang hari cukup. Upayakan untuk lebih banyak minum di pagi dan siang hari dibandingkan di malam hari. Dengan begitu, ibu hamil tidak sering kencing di malam hari

Coba ganti posisi tidur untuk mengurangi mual saat hamil di atas. Selain itu, jalankan beberapa langkah-langkah mengatasi mual di atas.

Jika ibu hamil merasakan mual saat hamil sampai mengganggu tidur di malam hari, jangan sungkan untuk berkonsultasi ke dokter. Pasalnya, tidur sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungan.

Baca juga: Ibu Hamil Susah Tidur? Atasi dengan 6 Cara Berikut

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com