Kompas.com - 27/07/2022, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Teman terbaik wanita ketika sedang menstruasi adalah pembalut. Namun sekarang, penggunaan pembalut semakin ditinggalkan karena ada alternatif lain yang lebih ramah lingkungan, seperti menstrual cup.

Menstrual cup sendiri bekerja untuk menampung darah haid dengan memasukkannya langsung ke dalam vagina.

Mungkin hal ini terdengar menakutkan bagi sebagian orang, tetapi ternyata menstrual cup memiliki banyak manfaat, baik itu untuk lingkungan dan untuk kesehatan kewanitaan seperti di bawah ini.

Baca juga: Menstrual Cup Vs Pembalut, Mana yang Lebih Aman?

1. Lebih aman untuk vagina

Toxic Shock Syndrome (TSS) adalah salah satu kondisi kesehatan yang cukup berbahaya karena bisa mengancam nyawa.

Sindrom ini dikaitkan dengan penggunaan pembalut atau tampon dalam waktu yang lama sehingga menyebabkan iritasi dan kulit vagina menjadi terluka. Pada saat inilah, bakteri masuk ke dalam tubuh sehingga menyebabkan beberapa gangguan kesehatan.

Melansir Healthline, kondisi ini adalah kondisi yang jarang terjadi dan bisa mengancam siapa saja, termasuk laki-laki, anak-anak, hingga yang sudah lanjut usia.

Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan beberapa ahli dari Amerika yang diterbitkan di Jurnal PLoS One pada tahun 2011 yang melibatkan 7,491 orang.

Dari penelitian ini menunjukkan bahwa TSS menyerang 14 orang yang menggunakan tampon karena tampon digunakan dalam waktu yang tidak sebentar dan menyerap darah haid sehingga menarik bakteri.

Menstrual cup bekerja dengan cara mengumpulkan darah haid sehingga berbeda dengan pembalut atau tampon yang menyerapnya.

Dengan menggunakan menstrual cup, kemungkinan untuk mendapatkan infeksi bakteri ini cukup kecil.

Baca juga: Pakai Menstrual Cup Tidak Tepat Berisiko Alami Sindrom Syok Toksik

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.