Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/08/2022, 08:36 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Tahukah Anda bahwa kondisi seperti susah fokus atau ingatan lemah dapat diatasi dengan konsumsi makanan tertentu demi mendorong kinerja otak?

Otak merupakan organ yang mengontrol gerakan fisik manusia, menyimpan ingatan, serta menjadi sumber pikiran, emosi, dan bahasa. Selain itu, otak juga mengontrol banyak fungsi tubuh, seperti pernapasan dan pencernaan.

Sama seperti organ tubuh lainnya, otak juga dapat mengalami penurunan fungsi seiring dengan pertambahan usia seseorang.

Baca juga: 4 Jenis Tumor Otak, dari Ringan hingga Ganas

Kendati demikian, Anda tak perlu khawatir, Anda dapat mengembalikan dan meningkatkan kerja otak dengan nutrisi yang tepat, seperti omega-3, glukosa, hingga vitamin.

Melansir WebMD, berikut beberapa makanan dan minuman yang dapat meningkatkan kinerja otak.

1. Kafein

Tidak ada makanan yang langsung meningkatkan kecerdasan IQ atau membuat seseorang lebih pintar. Namun, zat tertentu seperti kafein memiliki manfaat untuk otak.

Kafein dapat memberi energi dan membantu meningkatkan konsentrasi. Sebagaimana diketahui, kafein terdapat pada kopi, cokelat, minuman berenergi, serta beberapa obat-obatan.

Kendati demikian, Anda sebaiknya membatasi konsumsi makanan atau minuman mengandung kafein. Konsumsi kafein berlebih bisa sebabkan gangguan tidur, peningkatan detak jantung, serta gelisah.

Menurut Healthline, sebuah penelitian menunjukkan bahwa 4 cangkir kopi per hari mungkin merupakan jumlah yang aman.

Baca juga: Apakah TBC Otak Bisa Sembuh?

2. Gula

Gula adalah salah satu sumber bahan bakar di otak. Gula dapat memberi kekuatan dalam berpikir, meningkatkan memori, dan mental.

Gula yang dimaksud bukan yang ada di toples dapur Anda, melainkan glukosa.

Diketahui, glukosa diproses tubuh Anda dari makanan mengandung gula dan karbohidrat. Untuk itu, Anda disarankan memilih gula alami yang berasal dari buah-buahan.

Kendati begitu, Anda sebaiknya mengonsumsi gula sesuai kebutuhan tubuh. Menurut Kemenkes, anjuran konsumsi gula untuk orang dewasa yaitu 10 persen dari total energi (200 kkal) atau setara dengan 4 sendok per hari.

3. Sarapan pagi

Usahakan jangan melewatkan sarapan. Dikutip dari WebMD, studi menunjukkan bahwa sarapan dapat meningkatkan fokus dan ingatan.

Makanan atau minuman yang direkomendasikan untuk sarapan yaitu susu, biji-bijian berserat tinggi (oatmeal), serta buah-buahan. Makanan tersebut diyakini berfungsi sebagai bahan bakar otak.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com