Kompas.com - 07/08/2022, 08:36 WIB

KOMPAS.com - Tahukah Anda bahwa kondisi seperti susah fokus atau ingatan lemah dapat diatasi dengan konsumsi makanan tertentu demi mendorong kinerja otak?

Otak merupakan organ yang mengontrol gerakan fisik manusia, menyimpan ingatan, serta menjadi sumber pikiran, emosi, dan bahasa. Selain itu, otak juga mengontrol banyak fungsi tubuh, seperti pernapasan dan pencernaan.

Sama seperti organ tubuh lainnya, otak juga dapat mengalami penurunan fungsi seiring dengan pertambahan usia seseorang.

Baca juga: 4 Jenis Tumor Otak, dari Ringan hingga Ganas

Kendati demikian, Anda tak perlu khawatir, Anda dapat mengembalikan dan meningkatkan kerja otak dengan nutrisi yang tepat, seperti omega-3, glukosa, hingga vitamin.

Melansir WebMD, berikut beberapa makanan dan minuman yang dapat meningkatkan kinerja otak.

1. Kafein

Tidak ada makanan yang langsung meningkatkan kecerdasan IQ atau membuat seseorang lebih pintar. Namun, zat tertentu seperti kafein memiliki manfaat untuk otak.

Kafein dapat memberi energi dan membantu meningkatkan konsentrasi. Sebagaimana diketahui, kafein terdapat pada kopi, cokelat, minuman berenergi, serta beberapa obat-obatan.

Kendati demikian, Anda sebaiknya membatasi konsumsi makanan atau minuman mengandung kafein. Konsumsi kafein berlebih bisa sebabkan gangguan tidur, peningkatan detak jantung, serta gelisah.

Menurut Healthline, sebuah penelitian menunjukkan bahwa 4 cangkir kopi per hari mungkin merupakan jumlah yang aman.

Baca juga: Apakah TBC Otak Bisa Sembuh?

2. Gula

Gula adalah salah satu sumber bahan bakar di otak. Gula dapat memberi kekuatan dalam berpikir, meningkatkan memori, dan mental.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.