Kompas.com - 11/08/2022, 07:33 WIB

KOMPAS.com - Salah satu jenis infeksi jamur pada kulit yang bisa menyerang siapa saja adalah ringworm atau yang kita kenal sebagai kurap.

Melansir WebMD, kurap sendiri bukan merupakan infeksi yang dibawa oleh cacing melainkan infeksi yang disebabkan oleh jamur yang hidup di bagian sel kulit mati pada kulit kepala, kulit pada tubuh, dan kuku.

Menurut Health Navigator, ringworm sendiri ada banyak jenisnya karena bisa menginfeksi di bagian tubuh yang berbeda, seperti:

  • Athlete’s foot atau kaki atlet yang merupakan kurap pada kaki
  • Jock itch atau kurap pada daerah selangkangan
  • Kurap pada kulit kepala
  • Kurap pada tubuh

Baca juga: 10 Cara Meredakan Kulit Gatal yang Perlu Diperhatikan

Ternyata menurut CDC, kurap bisa ditularkan tidak hanya oleh orang lain, namun juga bisa dari binatang, tanah, hingga benda-benda tertentu. Berikut penjelasanya.

1. Dari orang lain

Penularan kurap bisa terjadi antara satu orang ke orang lain.

Kemungkinan untuk mendapatkan kurap dari orang lain cukup besar ketika orang tersebut terinfeksi dengan kurap.

Mayo Clinic menambahkan bahwa penularan kurap antara satu orang ke orang lain biasanya terjadi melalui kontak langsung dengan kulit.

Tidak hanya itu saja, cara penularan lainnya juga cukup beragam, seperti melalui pakaian, handuk, sisir, atau barang pribadi lain yang digunakan bersama.

2. Dari binatang

Mendapatkan kurap juga bisa dari binatang tertentu yang terinfeksi.

Umumnya, kurap dimiliki oleh binatang peliharaan seperti anjing dan kucing. Namun, beberapa binatang lain seperti sapi, babi, kambing, dan kuda bisa menularkan kurap ke manusia.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.