Kompas.com - 13/08/2022, 06:00 WIB

KOMPAS.com - Apakah ayah dan bunda tahu bahwa ada beberapa fakta tentang bayi seperti si kecil bisa berhenti bernapas atau memiliki payudara besar?

Kelahiran si kecil merupakan momen yang tidak hanya membuat para orangtua senang, namun juga merasa terkejut.

Bagaimana tidak, orangtua bisa mengamati langsung fase tumbuh kembang manusia lewat bayi mereka yang ternyata penuh dengan kejutan.

Baca juga: ASI Cegah Bayi Alami Obesitas

Umumnya, kita tahu bahwa bayi yang baru lahir hingga usia 3 bulan terlihat tenang karena baru bisa menyusu, tidur, menangis, serta memiliki gerak yang terbatas.

Lantas, apa saja yang disebut dengan kejutan dari proses tumbuh kembang si kecil? Berikut akan dipaparkan 5 fakta tentang bayi yang mungkin belum diketahui para orangtua.

1. Feses pertama bayi tidak bau

Seperti diketahui, feses pertama yang dikeluarkan si kecil sangat jauh berbeda dari orang dewasa. Ya, feses atau tinja yang keluar pertama kali berbentuk cair dan berwarna hitam yang disebut mekonium.

Feses yang dikeluarkan si kecil pertamakali terdiri dari lendir, cairan dari rahim, dan semua elemen yang mereka cerna saat masih berada di kandungan.

Meski berwarna hijau gelap atau kehitaman dan lengket, mekonium tidak memiliki bau.

Hal ini karena feses pertama si kecil belum mengandung bakteri usus yang menyebabkan bau tak sedap pada tinja.

Namun, seiring dengan pertumbuhan si kecil, feses pun akan menimbulkan bau yang khas, tergantung pada makanan yang mereka konsumsi.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.