Kompas.com - 15/08/2022, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Kehadiran seorang anak sebagian besar membuat pasangan suami istri merasa bahagia. Terlebih, bagi pasutri yang sudah lama mendambakan keturunan.

Bayi yang baru lahir sering memberi kejutan kepada orangtua lewat tingkah laku di masa perkembangannya.

Menariknya, si kecil tidak hanya bisa menangis saat lapar dan ngantuk atau tersenyum ketika berada di dekat kedua orangtuanya.

Baca juga: Penyebab dan Cara Merawat Ruam Popok pada Bayi

Ada beberapa fakta lain tentang bayi yang mungkin belum diketahui para orangtua, antara lain:

1. Bayi suka menghadap ke arah kanan

Dilansir dari WebMD, bayi paling sering tidur dengan posisi menghadap ke arah kanan. Hanya sekitar 15 persen bayi baru lahir yang suka menoleh ke arah kiri.

Kebiasaan ini biasanya berlangsung selama beberapa bulan. Kebiasaan hadap kanan juga sering dikaitkan dengan alasan mengapa jarang ditemukan anak kidal.

2. Bayi tidak mengeluarkan air mata saat menangis

Bayi mulai sering menangis pada 2-3 minggu setelah lahir. Menariknya, saat menangis si kecil tidak meneteskan air mata, lho.

Hal ini terjadi karena bayi hanya memiliki jumlah air mata yang sangat sedikit. Air mata bayi baru bisa keluar setelah mereka berumur 1 bulan.

3. Bayi memiliki banyak sel otak

Otak bayi sangat aktif karena memiliki sel yang lebih banyak dari orang dewasa. Bayi terlahir dengan neuron yang jumlahnya hampir mencapai 100 triliun dan terus mengalami perkembangan.

Kemudian, pada usia 1 tahun, otak bayi akan membesar dua kali lipat. Tak heran, anak kita memiliki ingatan tajam dan memiliki ketrampilan dalam meniru bunyi.

Baca juga: Nutrisi ASI Penting untuk Perkembangan Otak Bayi

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.