Kompas.com - 27/08/2022, 18:00 WIB

KOMPAS.com - Tahukah Anda seseorang yang baru menyelesaikan pengobatan kanker payudara, seperti kemoterapi dan terapi radiasi berisiko terkena leukimia?

Dilansir dari Healthline, sekitar 0,5 persen pasien yang dirawat karena kanker payudara berisiko alami leukimia atau kanker kanker jaringan pembentuk darah, termasuk tulang sumsum.

Jenis leukimia yang dialami orang yang baru melakukan pengobatan kanker payudara bisa akut ataupun kronis.

Baca juga: 7 Gejala Kanker Payudara Selain Benjolan, Pahami Sebelum Terlambat

Meski begitu, pada kebanyakan kasus menunjukkan, jenis leukimia yang terjadi setelah pengobatan kanker payudara adalah akut.

Leukemia akut tumbuh dan menyebar dengan cepat. Gejala leukimia setelah kanker payudara, antara lain:

  1. gusi berdarah saat menggosok gigi
  2. periode menstruasi yang sangat berat
  3. sering mimisan
  4. kelelahan disertai demam
  5. infeksi berulang
  6. mudah memar
  7. hilang nafsu makan dan berat badan
  8. sesak napas
  9. kulit pucat

Penyebab leukimia setelah pengobatan kanker payudara

Pengobatan kanker payudara, seperti radiasi dan kemoterapi dapat memengaruhi sel kanker dan sel sehat. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko terkena kanker tertentu.

Selain itu, para peneliti menyatakan bahwa pengobatan kanker payudara dapat merusak DNA di dalam sumsum tulang manusia. Diketahui, sumsum tulang berfungsi untuk memproduksi sel darah.

Kerusakan DNA sumsum tulang, otomatis akan mengganggu produksi sel darah. Kondisi ini lama-lama akan menyebabkan leukimia atau kanker darah.

Menurut penelitian yang diterbitkan Journal of the National Cancer Institute pada Agustus 2019, mutasi DNA di sumsum tulang sudah terjadi pada sebagian orang.

Kemudian, kemoterapi atau radiasi yang dilakukan selama pengobatan kanker payudara, rupanya dapat mengaktifkan mutasi yang sudah ada sebelumnya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.