Kompas.com - 06/09/2022, 19:30 WIB

KOMPAS.com - Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, dan salah satunya adalah dengan menggunakan obat kumur.

Obat kumur sendiri akan sangat membantu untuk membersihkan gigi dan mulut dari sisa-sisa makanan serta bakteri yang tidak bisa mudah hilang hanya dengan sikat gigi saja.

Namun sayangnya, obat kumur yang tersedia di pasaran mengandung berbagai bahan kimia yang terkadang bisa berbahaya untuk kesehatan.

Salah satu alternatif obat kumur yang bisa Anda coba adalah campuran air dengan garam.

Baca juga: 6 Penyebab Gigi Sensitif

Kompas TV Pagi ini yang akan menjawab pertanyaan anda adalah Dokter Gigi Spesialis Ortodonti, Citra Paramita.

Melansir Healthline, obat kumur dari garam sama efektifnya dengan obat kumur di pasaran karena bisa membunuh bakteri serta meningkatkan kesehatan mulut.

Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya dari berkumur dengan air garam, termasuk untuk gigi sensitif. 

 

1. Menghentikan pertumbuhan bakteri di mulut

Melansir Medical News Today, berkumur menggunakan air garam bisa membantu dalam menghilangkan bakteri yang bersarang di gusi sehingga mencegah penumpukan plak dan karang gigi.

Penelitian dari India yang terbit pada Journal of Indian Society of Pedodontics and Preventive Dentistry pada tahun 2017 juga menemukan hal yang serupa.

Menurut penelitian ini, berkumur menggunakan air garam secara reguler terbukti efektif untuk menghentikan penumpukan plak.

Tidak hanya itu saja, Dr. Marc Lazare, DDS, melalui Healthline, menjelaskan bahwa berkumur menggunakan air garam bisa menurunkan tingkat keasaman di dalam mulut sehingga bakteri tidak mudah berkembang biak.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.