Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kerja dan Kandungan Aktif Pasta Gigi Khusus Gigi Sensitif

Kompas.com - 27/08/2022, 15:01 WIB
Ria Apriani Kusumastuti,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Minum segelas es kopi dingin di siang hari yang sangat panas akan sangat menyegarkan dan membuat kantuk hilang seketika.

Namun, kenikmatan minum es kopi tidak akan dirasakan lagi ketika gigi terasa sensitif.

Selain merasa tidak nyaman, gigi sensitif bisa menyebabkan ngilu hingga rasa pusing pada sebagian orang yang pastinya akan sangat mengganggu kegiatan sehari-hari.

Baca juga: 6 Penyebab Gigi Sensitif


Melansir Healthline, gigi sensitif terjadi ketika enamel atau lapisan terluar gigi terkelupas sehingga bagian dentin yang terletak di bawahnya terbuka.

Bagian dentin inilah yang memiliki banyak sekali saraf sehingga rangsangan panas, dingin, asam, hingga manis akan meningkatkan sensitivitas saraf tersebut.

Tidak hanya itu saja, Cleveland Clinic juga menyebutkan beberapa penyebab gigi sensitif, seperti resesi atau penurunan gusi, penyakit gusi, retakan pada gigi, plak, penggunaan obat kumur, hingga masalah sikat gigi dan cara menyikat gigi yang salah.

Gejala gigi sensitif sebenarnya bisa dikurangi dengan beberapa cara, dan salah satunya adalah dengan menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif.

Cara kerja pasta gigi khusus gigi sensitif

Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk meringankan gejala gigi sensitif dan salah satunya adalah dengan menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif.

Menurut Healthline, pasta gigi ini nantinya akan mengurangi sensitivitas gigi karena kandungan aktif yang dimilikinya.

Kandungan aktif ini nantinya akan menghentikan akses sinyal rasa sakit yang diterima oleh dentin ke saraf sensorik di bawah dentin.

Pasta gigi khusus gigi sensitif ini akan melindungi saraf dari rasa ngilu akibat konsumsi makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin.

Namun, Healthline juga menjelaskan bahwa efek yang dirasakan setelah menggunakan pasta gigi tersebut tidak akan langsung terlihat.

Efek dari penggunaannya baru akan terlihat setelah beberapa minggu pemakaian sehingga perlu kesabaran ekstra.

Tidak hanya itu saja, Cleveland Clinic juga menyarankan untuk memilih merek yang cocok karena masing-masing merek akan memberikan efek yang berbeda.

Baca juga: 4 Penyebab Gigi Sensitif Usai Ditambal

Kandungan aktif dari pasta gigi khusus gigi sensitif

Ada banyak sekali merek pasta gigi yang memang diformulasikan untuk gigi sensitif dan masing-masing memiliki kandungan yang berbeda.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com