Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/09/2022, 21:00 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

KOMPAS.com - Sejumlah obat alami ada untuk mengatasi tekanan darah tinggi (hipertensi), yang merupakan faktor risiko paling umum dari penyakit jantung.

Menurut Kementerian Kesehatan, ukuran tekanan darah normal adalah 120/80 mmHg atau dibaca sistolik 120 mmHg dan diastolik 80 mmHg.

Sementara, Anda mengalami tekanan darah tinggi, jika mencapai lebih dari 140/90 mmHg.

Baca juga: Hati-hati dengan Kebiasaan yang Memicu Tekanan Darah Tinggi

Mengutip Drugs, jika ingin mengukur tekanan darah, disarankan menghindari hal-hal berikut setidaknya selama 1 jam sebelumnya:

  • Olahraga
  • Merokok
  • Minum yang mengandung kafein
  • Makan

Jika hasilnya Anda memiliki tekanan darah tinggi, beberapa herbal berikut dapat menjadi obat alami untuk mengatasi kondisi Anda:

Deta Putri Cara Menurunkan Tekanan Darah dengan Minum Secangkir Teh

Baca juga: 8 Efek Tekanan Darah Tinggi yang Merusak Kesehatan

1. Basil

Mengutip Healhtline, basil adalah herbal yang memiliki banyak manfaat pengobatan, salah satunya sebagai obat untuk tekanan darah tinggi.

Basil mengandung senyawa kuat yang disebut eugenol yang bersifat antioksidan.

Penelitian menemukan bahwa senyawa tersebut bisa mmebantu mengurangi tekanan darah tinggi dengan bertindak sebagai penghambat saluran kalsium alami.

Penghambat saluran kalsium mencegah pergerakan kalsium ke jantung dan sel-sel arteri, memungkinkan pembuluh darah untuk rileks.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak basil membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengencerkan darah, yang pada gilirannya membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

2. Peterseli

Mengutip Healhtline, peterseli mengandung berbagai senyawa, seperti vitamin C dan karotenoid, yang dapat menjadikannya obat untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan karotenoid dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan kolesterol LDL (jahat), faktor risiko penyakit jantung.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa peterseli mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik dengan bertindak seperti penghambat saluran kalsium (membantu mengendurkan dan melebarkan pembuluh darah).

Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut tentang efeknya.

Baca juga: Macam Penyebab Tekanan Darah Tinggi yang Perlu Diketahui

3. Bawang putih

Mengutip Healhtline, bawang putih kaya senyawa yang dapat bermanfaat bagi jantung, sehingga bermanfaat juga sebagai obat alami untuk tekanan darah tinggi.

Secara khusus, bawang putih mengandung senyawa belerang, seperti allicin, yang dapat membantu meningkatkan aliran darah dan mengendurkan pembuluh darah.

Secara kolektif, faktor-faktor tersebut dapat membantu menurunkan hipertensi.

Sebuah tinjauan dari 12 penelitian di lebih dari 550 orang dengan tekanan darah tinggi menemukan bahwa mengkonsumsi bawang putih bisa mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik dengan rata-rata masing-masing 8,3 mmHg dan 5,5 mmHg.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com