Kompas.com - 07/09/2022, 18:01 WIB

KOMPAS.com - Lemon adalah salah satu buah yang banyak mengandung vitamin C, antioksidan flavonoid, asam sitrat, dan serat.

Nutrisi yang terkandung dalam lemon ini potensial untuk meningkatkan kesehatan sampai mencegah beberapa penyakit berbahaya.

Simak beberapa manfaat lemon untuk kesehatan yang sayang dilewatkan berikut.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Apakah Lemon Bisa Menurunkan Kolesterol?


Manfaat lemon

Manfaat lemon potensial untuk menjaga berat badan ideal, menunjang kesehatan jantung, pencernaan, sampai kulit wajah. Berikut beberapa di antaranya:

  • Menjaga kesehatan pencernaan

Dilansir dari WebMD, lemon banyak mengandung serat makanan. Untuk diketahui, serat terutama jenis serat larut dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Serat dapat membantu mengurangi sembelit dan sejumlah gangguan pencernaan. Perlu diingat, untuk meningkatkan asupan serat, upayakan untuk mengonsumsi air lemon bersama daging buah atau ampasnya.

  • Diet menurunkan berat badan

Serat pektin dalam lemon ternyata bisa mengembang setelah dicerna. Dengan begitu, orang yang mengonsumsi buah ini bisa kenyang lebih lama.

Air lemon juga sering diklaim manjur untuk menurunkan berat badan. Namun, penelitian ini masih tahap awal dengan objek studi tikus dan belum diuji pada manusia.

Perlu diketahui, cairan seperti air lemon juga bisa membuat tubuh kenyang lebih lama. Dengan begitu, ada kemungkinan air lemon bisa membantu mencegah mengemil atau makan berlebihan biang berat badan naik.

Baca juga: 5 Manfaat Minum Air Lemon di Pagi Hari

  • Menunjang kesehatan jantung

Kandungan vitamin C dalam lemon relatif tinggi. Dilansir dari Healthline, satu buah ini mengandung sekitar 31 miligram vitamin C, atau bisa mencukupi 51 persen kebutuhan vitamin C per hari.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.