Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Perasan Lemon untuk Menurunkan Berat Badan, Mitos atau Fakta?

Kompas.com - 31/08/2022, 12:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Air perasan lemon adalah salah satu pelengkap yang sering digunakan bersama minuman yang lainnya, seperti teh, infused water, hingga cocktail.

Tidak hanya membuat minuman terasa lebih segar, ternyata air perasan lemon juga memiliki manfaat yang banyak untuk tubuh dan salah satunya adalah untuk menurunkan berat badan.

Lalu, apakah benar bahwa minum air perasan lemon berguna untuk menurunkan berat badan? Berikut faktanya.

Baca juga: Apakah Infused Water yang Menggunakan Daun Mint Bermanfaat?


Kandungan air perasan lemon untuk menurunkan berat badan

Banyak yang percaya bahwa minum air lemon bisa membantu dalam menurunkan berat badan.

Healthline menjelaskan bahwa lemon sering dikatakan sebagai buah yang bisa menurunkan berat badan karena kandungan pektin yang merupakan serat larut di dalam buah.

Ketika seseorang mengonsumsi buah yang kaya akan pektin, maka pektin akan mengembang di dalam perut dan memberikan sensasi kenyang yang lebih lama.

Namun sayangnya, manfaat ini hanya didapatkan ketika lemon dikonsumsi langsung dan air lemon tidak mengandung pektin sehingga tidak memberikan manfaat yang sama.

Meskipun begitu, air lemon masih dipercaya bisa membantu dalam menurunkan berat badan karena kandungan nutrisi lain yang dimilikinya, khususnya adalah polifenol.

Hal ini dibuktikan dengan penelitian dari Jepang yang terbit pada Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition di tahun 2008.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kandungan polifenol di dalam lemon yang dikonsumsi oleh tikus bisa menekan penambahan berat badan dan lemak tubuh.

Meskipun begitu, penelitian ini hanya dilakukan kepada tikus sehingga manfaatnya untuk manusia masih diperdebatkan.

Baca juga: Manfaat Minum Air Lemon Hangat yang Jarang Diketahui

Cara menurunkan berat badan dengan air lemon

Meskipun minum air lemon belum bisa dibuktikan bisa membantu dalam menurunkan berat badan, ada beberapa cara yang direkomendasikan oleh Healthline untuk mengambil manfaatnya, seperti:

1. Mencampurkan air dengan perasan lemon

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengambil manfaat dari lemon adalah dengan mencampurkan air perasan lemon dengan air.

Meskipun tidak secara langsung bisa membantu dalam menurunkan berat badan, Healthline menyebutkan bahwa minum air dengan campuran lemon bisa menjadi alternatif untuk menggantikan jenis minuman lainnya.

Dengan beralih ke air campuran lemon, maka asupan kalori per hari bisa ditekan dan bisa membantu dalam menurunkan berat badan.

Baca juga: 9 Manfaat Minum Teh Hijau dengan Lemon, Bisa Turunkan Berat Badan

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com