Kompas.com - 09/09/2022, 16:01 WIB

KOMPAS.com - Selama ini beberapa orang beranggapan, seseorang terkena penyakit tipes karena kecapaian atau istilahnya kecapean.

Seperti diketahui, demam tifoid atau tipes adalah penyakit infeksi akut yang menyerang organ pencernaan.

Gejala tipes yang kerap dirasakan pengidapnya di antaranya demam, sakit kepala, kecapaian, tidak nafsu makan, diare atau sembelit, sakit perut, mual, dan muntah.

Lantas, benarkah penyebab tipes karena kecapaian? Simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: Apakah Penyakit Tipes Menular?

Penyebab tipes karena kecapaian?

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyebab tipes berasal dari infeksi bakteri Salmonella typhi.

Bakteri penyebab tipes rawan hidup dan berkembang biak di tempat dengan sanitasi yang buruk, lingkungan yang kotor, wilayah padat penduduk, atau daerah banyak genangan dan banjir.

Namun, kecapaian atau kecapean bisa melemahkan sistem daya tahan tubuh. Ketika daya tahan tubuh melemah, penyakit infeksi seperti tipes, flu, sampai Covid-19 lebih mudah menginfeksi tubuh.

Dikutip dari Medical News Today, selain faktor kecapaian, daya tahan tubuh juga dapat melemah ketika seseorang stres berlebihan, pola makan tidak sehat, kurang tidur, jarang atau tidak pernah berolahraga, atau mengidap penyakit kronis seperti HIV sampai kanker.

Jadi, penyebab tipes bukan karena kecapaian. Melainkan lantaran infeksi bakteri Salmonella typhi.

Tapi, perlu diingat bahwa kecapaian bisa melemahkan daya tahan tubuh dan membuat seseorang jadi mudah terkena infeksi termasuk tipes, terutama jika tempat beraktivitas atau orang sekitar ada yang terkena penyakit ini.

Baca juga: Apakah Penyakit Tipes Berbahaya?

Bagaimana penyakit tipes menular?

Menurut Kementerian Kesehatan, bakteri penyebab tipes menular dari satu orang ke orang lain lewat makanan dan minuman yang terkontaminasi kuman biang penyakit ini. Berikut beberapa celah penularan penyakit tipes:

  • Tidak cuci tangan sebelum makan atau minum
  • Tidak cuci tangan setelah dari kamar mandi, lalu menyentuh mulut
  • Makan sayur dan buah segar yang dicuci dengan air yang tercemar bakteri biang tipes
  • Mengonsumsi makanan atau minuman yang bahan sampai alat masaknya tercemar bakteri biang tipes

Tak hanya menjaga daya tahan tubuh tetap prima, upayakan untuk menghindari celah penularan tipes di atas.

Demikian penjelasan apakah penyebab tipes karena kecapaian. Bila Anda khawatir atau termasuk kelompok berisiko ketika terinfeksi penyakit ini, upayakan untuk menggunakan vaksin tifoid untuk mencegah tipes.

Baca juga: Apakah Penyakit Tipes Bisa Menyebabkan Kematian?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.