Kompas.com - 12/09/2022, 09:01 WIB

KOMPAS.com - Telat haid dan haid tidak teratur termasuk salah satu masalah kesehatan reproduksi yang membuat wanita tidak nyaman.

Kondisi ini kerap menyebabkan perubahan suasana hati, nyeri pinggang, perut terasa begah, sampai sakit kepala.

Wajar jika wanita mengalaminya sesekali. Hal ini bisa jadi tanda wanita stres atau kekurangan nutrisi tertentu. Berikut beberapa minuman pelancar haid alami yang bisa dijajal.

Baca juga: 5 Obat Pelancar Haid Alami, Coba Yoga sampai Kayu Manis

Minuman pelancar haid alami

Beberapa bumbu dapur atau bahan alami yang tersedia di rumah bisa digunakan sebagai minuman pelancar haid alami, seperti:

  • Wedang kunyit

Dilansir dari NetMeds, kunyit bisa digunakan sebagai obat pelancar haid alami karena dapat membantu mengatasi peradangan dan otot kaku atau tegang. Formula ini membantu mengatur siklus haid yang tidak teratur atau telat haid.

Cara menyiapkan minuman pelancar haid ini cukup mudah. Anda tinggal mencampurkan seperempat sendok teh bubuk kunyit ke dalam secangkir air hangat. Apabila rasanya terlalu getir, Anda bisa menambahkan sedikit madu.

  • Wedang jahe

Seperti kunyit, jahe juga memiliki formula anti-peradangan alami yang potensial membantu mengatasi telat haid secara alami.

Caranya, rebus satu ruas jari jahe ke dalam segelas air. Minum wedang jahe ini ketika telat haid.

Baca juga: Apakah Boleh Minum Paracetamol untuk Nyeri Haid?

  • Air jintan

Rempah jintan yang biasanya digunakan untuk bumbu masakan berkhasiat untuk membantu kontraksi otot rahim.

Cara menyiapkan minuman pelancar haid ini cukup mudah. Anda tinggal merendam dua sendok teh jintan ke dalam segelas air semalaman. Minum air jintan ini di pagi hari.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.