Kompas.com - 18/09/2022, 19:33 WIB

KOMPAS.com - Torsi ovarium atau ovarium bengkok merupakan kondisi langka. Namun, gangguan reproduksi ini dapat membahayakan kesuburan wanita sehingga harus segera mendapat penanganan yang tepat.

Mengutip Health, torsi ovarium atau ovarium bengkok umumnya menyerang wanita pada usia reproduksi atau 15-45 tahun.

Tanda awal yang paling sering terjadi ialah nyeri perut bagian bawah secara tiba-tiba dan menjadi parah. Nyeri perut juga sering disusul dengan kondisi mual dan muntah.

Baca juga: Makanan untuk Penderita Kanker Ovarium

Pengertian torsi ovarium menurut dokter

dr. Beth Schwartz, MD, asisten profesor ginekologi di Thomas Jefferson University, Philadelphia pada 2018 menerbitkan sebuah jurnal terkait ovarium bengkok di Journal of Pediatric & Adolescent Gynecology.

Schwartz lantas menyatakan kepada Health, torsi ovarium merupakan kondisi ketika ovarium atau tuba fallopi (atau keduanya) memutar sendiri.

"Bayangkan jika organ tubuh Anda memutar sendiri dan terpelintir dan Anda dapat merasakan bahwa itu sangat menyakitkan," ujar Schwartz kepada Health.

Lebih lanjut, dokter juga menyebutkan bahwa kondisi demikian menyebabkan darah di ovarium tidak bisa keluar. Kemudian, bila berlangsung lama, darah baru tidak dapat masuk ke ovarium.

"Ovarium akhirnya bisa mati (tidak berfungsi) apabila kondisi tersebut tidak diobati. Ini akan menjadi masalah besar yang memicu kesuburan," imbuh dokter Beth Schwartz.

Siapa yang berisiko alami ovarium bengkok?

Seorang wanita dengan kista, memiliki risiko alami ovarium bengkok atau torsi ovarium.

Kista membuat torsi lebih mungkin terjadi karena menambah massa dan berat yang tak seimbang pada ovarium, sehingga lebih mengakibatkan organ reproduksi tersebut menjadi terbalik.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.