Kompas.com - 18/09/2022, 16:33 WIB

KOMPAS.com - Merasa lelah adalah kondisi wajar yang dialami semua orang. Namun, lelah berkepanjangan tentu menyebabkan ketidaknyamanan karena tubuh tak mampu berfungsi secara optimal.

Aktivitas padat sepanjang hari membuat tubuh merasa lelah. Umumnya, rasa lelah akan hilang dan kembali bugar setelah beristirahat dan mencukupi nutrisi yang diperlukan tubuh.

Namun, tubuh manusia bisa saja mengalami lelah berkepanjangan atau lelah kronis yang tak kunjung mereda. Kondisi ini dapat dipicu oleh beberapa hal, antara lain:

  • kurang tidur
  • malnutrisi
  • rinitas alergi atau gangguan kesehatan akibat alergi tertentu
  • anemia
  • depresi
  • diabetes
  • penyakit jantung

Baca juga: 7 Hal yang Membut Anda Mudah Merasa Lelah

Melansir Healthline, lelah berkepanjangan ternyata dapat diatasi secara alami yaitu dengan mengubah gaya hidup. Berikut 8 cara yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi lelah kronis.

1. Konsumsi makanan bergizi seimbang

Salah satu alasan untuk mengikuti diet yang sehat dan seimbang adalah meningkatkan energi tubuh.

Ketika tubuh memiliki energi cukup atau lebih, maka kita akan bergairah dalam melakukan berbagai aktivitas dan tidak mudah lelah.

Pastikan Anda mendapatkan nutrisi yang cukup dengan mengonsumsi makanan segar dan utuh. Konsumsi karbohidrat bersamaan dengan protein demi meningkatkan energi dan jangan lupa makanan banyak serat.

Tak hanya mengatasi kelelahan, diet sehat juga dapat menjaga dan meningkatkan sistem pencernaan. Alhasil, Anda pun terhindari dari sindrom iritasi usus besar (IBS) yang sering dibarengi dengan kelelahan kronis.

2. Olahraga teratur

Manfaat olahraga teratur telah diakui secara luas. Olahraga melepaskan endorfin yang secara alami meningkatkan tingkat energi Anda serta meningkatkan kualitas tidur.

Sebuah penelitian pada tahun 2008 menyatakan, olahraga teratur dapat mengurangi gejala kelelahan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.