Kompas.com - 18/09/2022, 13:31 WIB

KOMPAS.com - Kebiasaan duduk terlalu lama ternyata dapat memicu gangguan kesehatan yang wajib Anda waspadai.

Duduk merupakan aktivitas yang cukup sering dilakukan oleh sebagian besar orang. Sebagai contoh, duduk saat mengikuti pembelajaran di kelas atau bekerja di kantor yang bisa saja memakan waktu hingga 8 jam dalam sehari.

Kebiasaan duduk terlalu lama kerap membuat otot-otot kita merasa tegang dan pegal. Kondisi ini lantaran posisi duduk mengurangi aktivitas otot, khususnya otot besar pada kaki dan punggung.

Baca juga: Duduk Terlalu Lama Picu Penyakit Jantung dan Kematian Dini, Kok Bisa?

Tidak hanya masalah otot, kebiasaan duduk terlalu lama atau lebih dari 8 jam dalam sehari ternyata dapat menyebabkan risiko penyakit tertentu.

Berikut beberapa risiko penyakit yang bisa terjadi apabila kita terlalu sering duduk.

1. Penyakit jantung

Mengutip WebMD, duduk selama 8 jam atau lebih berisiko 20 persen lebih tinggi terkena penyakit jantung. Bahkan, risiko ini juga dapat terjadi pada seseorang yang rajin berolahraga.

Duduk atau berbaring memang mengurangi stres pada sistem kardiovaskular dan memungkinkan jantung beserta pembuluh darah tidak bekerja secara optimal.

Oleh sebab itu, apabila Anda memang harus menghabiskan banyak waktu dengan duduk di kursi, sempatkan untuk berdiri sejenak.

Pasalnya, berdiri menyebabkan jantung dan sistem peredaran darah bekerja lebih keras, hanya untuk mempertahankan tekanan darah normal.

Selain itu, Anda juga bisa beranjak dari tempat duduk setiap 30 menit untuk mengambil minuman atau peregangan singkat.

Baca juga: Penyebab Nyeri Punggung, Salah Satunya Kebiasaan Duduk Membungkuk

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.