Kompas.com - 20/09/2022, 07:31 WIB

KOMPAS.com - Mangan adalah salah satu jenis mineral penting yang dibutuhkan tubuh.

Dilansir dari MountSinai, zat gizi ini disimpan tubuh di ginjal, hati, pankreas, dan tulang.

Anda bisa mendapatkan sumber mangan alami ketika mengonsumsi kacang-kacangan, roti gandum, sereal, sayuran hijau atau nanas.

Kenali beberapa fungsi mangan yang penting untuk tubuh setiap saat berikut ini.

Baca juga: 7 Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Kesehatan

Fungsi mangan

Dilansir dari Healthline, ada beberapa kegunaan mangan yang penting untuk tubuh, antara lain:

  • Menangkal penyakit kronis

Mangan adalah jenis antioksidan penting. Nutrisi ini membantu melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang dapat meningkatkan risiko penuaan dini, penyakit jantung, kanker, dan penyakit kronis lainnya.

  • Menjaga kesehatan tulang

Kegunaan mangan lainnya yakni menunjang perkembangan sampai memelihara kesehatan tulang. Mineral ini bakal bekerja dengan mineral lain seperti kalsium, zinc, dan tembaga. Anak-anak, ibu hamil, dan ibu hamil membutuhkan lebih banyak mineral ini.

Baca juga: 9 Fungsi Asam Amino sesuai Jenisnya yang Penting untuk Tubuh

  • Membantu mengontrol gula datah

Mangan juga membantu mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. Studi menunjukkan, kekurangan mangan berdampak buruk pada kontrol kadar gula darah.

  • Membantu metabolisme tubuh

Kegunaan mangan juga penting untuk metabolisme tubuh. Nutrisi ini membantu metabolisme protein, asam amino, kolesterol, dan karbohidrat. Mineral ini juga membantu penyerapan kolin, tiamin, vitamin C, dan E. Mangan juga menunjang proses tumbuh kembang, reproduksi, sampai respons imun.

Baca juga: 5 Fungsi Kalsium, Tak Hanya untuk Menjaga Kesehatan Tulang

  • Meringankan gejala PMS

Gejala PMS atau premenstrual syndrome pada wanita terkadang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Mineral ini apabila digunakan bersama dengan kalsium dapat membantu meringankan rasa tidak nyaman terkait PMS seperti kram perut sampai perubahan suasana hati.

  • Menunjang fungsi otak

Kegunaan mangan sangat penting untuk menunjang kinerja otak dan saraf. Mineral ini dapat melindungi otak dari efek buruk radikal bebas yang merusak fungsi kognitif otak.

  • Menjaga kesehatan kelenjar tiroid

Fungsi mangan juga membantu produksi hormon tiroksin. Hormon ini penting untuk menjaga kelenjar tiroid agar bisa bekerja secara optimal. Ketika tubuh kekurangan mangan, kinerja tiroidnya bakal terganggu. Dampaknya, berat badan bisa melonjak dan hormon tidak seimbang.

Baca juga: 8 Fungsi Zinc, Penting untuk Daya Tahan Tubuh sampai Otak

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.