Kompas.com - 21/09/2022, 22:01 WIB

KOMPAS.com - Hernia adalah tonjolan di bawah kulit yang terbentuk ketika organ di dalam tubuh mendesak dinding otot perut yang melemah atau belum tertutup sempurna.

Dilansir dari Parents, ada banyak jenis hernia. Tapi, jenis yang kerap dialami bayi adalah hernia umbilikalis yang muncul di pusar dan hernia inguinalis yang muncul di dekat selangkangan atau alat kelamin bayi.

Sebelum Anda mengenali beberapa gejala hernia pada bayi, ada baiknya ketahui dulu penyebab masalah kesehatan ini.

Baca juga: Hernia Pada Bayi: Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi

Penyebab hernia pada bayi

Beberapa bayi yang baru lahir bisa terkena hernia inguinalis dan umbilikalis karena sebab berbeda.

Dilansir dari Stanford Children’s Health, penyebab hernia inguinalis dan umbilikalis pada bayi berasal dari masalah pertumbuhan.

Saat masih berada di dalam kandungan ibu hamil, semua janin memiliki saluran penghubung dari perut ke alat kelamin yang disebut kanalis inguinalis.

Pada bayi laki-laki, saluran ini memungkinkan testis bergerak dari perut ke skrotum atau kantong buah zakar.

Biasanya, saluran penghubung sementara ini menutup sesaat sebelum atau setelah bayi lahir. Tapi, di beberapa kasus seperti bayi prematur atau lahir lebih awal membuat saluran ini belum tertutup sempurna.

Akibatnya, terbentuklah celah yang memungkinkan usus menyelinap ke dalam lubang bekas saluran penghubung perut ke skrotum yang menutup sempurna. Tonjolan inilah yang dikenal dengan hernia inguinalis.

Seperti kasus hernia inguinalis, janin di dalam kandungan selama masa tumbuh kembang di dalam rahim ibu hamil memiliki lubang kecil di dinding otot perut.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Hernia
Hernia
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.