Kompas.com - 24/09/2022, 15:22 WIB

KOMPAS.com – Saat musim pancaroba datang seperti sekarang, masyarakat harus pintar menjaga daya tahan tubuh. Pasalnya, masa peralihan musim yang mengakibatkan cuaca jadi tak menentu membuat beragam penyakit mudah menghampiri, di antaranya batuk, pilek, dan demam.

Peralihan musim seperti itu umum terjadi tiap tahunnya. Secara otomatis, hal ini akan berpengaruh terhadap reaksi tubuh yang berusaha keras untuk beradaptasi dengan temperatur sekitarnya.

Perubahan cuaca memang tidak bisa dihindari, tetapi tetap bisa diantisipasi dengan berbagai kebiasaan baik agar daya tahan tubuh tetap terjaga dan tidak mudah sakit. Caranya, lakukan 5 hal berikut.

1. Konsumsi makanan bergizi seimbang

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan untuk menjaga daya tahan tubuh adalah mengonsumsi makanan bergizi dengan porsi seimbang.

Setiap orang butuh asupan gizi berbeda-beda tergantung dari jenis kelamin, usia, kebiasaan beraktivitas, dan kondisi khusus lainnya, seperti saat hamil, menyusui, atau sakit.

Jadi, pastikan bahwa kamu sekeluarga selalu menyantap makanan bergizi dengan porsi seimbang untuk menjaga daya tahan tubuh secara alami. Berusahalah membatasi konsumsi makanan yang kalorinya berlebihan, seperti kandungan lemak dan gula tinggi atau mengandung zat aditif.

2. Olahraga teratur

Makanan bergizi saja belum cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kamu sekeluarga juga wajib berolahraga secara rutin agar tubuh tetap sehat.

Cobalah berolahraga secara teratur. Pilih jenis olahraga yang disukai seluruh anggota keluarga, misalnya jogging, bersepeda, atau olahraga permainan seperti bulutangkis.

Siapkan waktu berolahraga minimal tiga kali dalam seminggu sehingga kamu terbiasa dengan aktivitas penting yang satu ini.

3. Tidur cukup

Daya tahan tubuh juga sangat berkaitan dengan waktu tidur yang cukup. Sebab, tubuh melakukan regenerasi sel dan memproduksi antibodi secara maksimal saat tidur.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.