Kompas.com - 27/09/2022, 13:31 WIB

KOMPAS.com - Bintik-bintik merah adalah salah satu ciri-ciri DBD atau dikenal dengan penyakit demam berdarah yang perlu diwaspadai.

Dikutip dari Indian Journal of Dermatology, gejala DBD ini tidak dialami semua penderita. Tapi, lebih dari separuh penderita DBD mengembangkan bintik-bintik merah.

Perlu diketahui, tidak semua bintik merah selalu terkait DBD. Penyakit infeksi virus seperti campak, campak jerman atau rubella, tipes, sampai chikungunya juga menyebabkan gejala ini.

Untuk meningkatkan kewaspadaan pada penyakit menular yang disebabkan virus dengue dan disebarkan nyamuk aedes ini, kenali beberapa ciri-ciri bintik DBD yang khas.

Baca juga: 4 Ciri-ciri DBD Tahap Awal, Jangan Sampai Terlambat Ditangani

Ciri-ciri bintik DBD

Terdapat beberapa ciri-ciri bintik DBD yang khas, antara lain:

  • Bintik-bintik merah terbenam di dalam kulit

Dilansir dari Sitaram Bhartia Institute of Science and Research, ruam DBD bentuknya berupa bintik-bintik merah yang tampak terbenam di dalam kulit. Ruam ini terasa sedikit menonjol ketika diraba. Ruam tersebut tidak pudar saat ditekan.

  • Terkadang terasa gatal

Banyak yang bertanya-tanya, bintik merah DBD gatal atau tidak. Untuk diketahui, ciri-ciri bintik DBD terkadang berupa ruam disertai gatal. Ruam ini bakal lebih gatal saat suhu demam mulai turun. Tapi jangan khawatir, gatal-gatal tersebut umumnya hanya berlangsung satu sampai dua hari.

Baca juga: Perbedaan Demam Gejala DBD, Tipes, dan Malaria menurut Dokter

  • Berawal dari wajah, tangan, dan kaki

Beberapa penderita DBD biasanya mendapati bintik-bintik merah DBD muncul dari wajah, punggung tangan, dan punggung kaki. Ruam lantas menyebar ke lengan, tungkai, dada, atau bagian tubuh lain.

  • Muncul sejak hari kedua gejala penyakit terasa

Ciri-ciri bintik DBD lainnya yakni kemunculannya sejak hari kedua gejala DBD. Biasanya, ruam ini muncul hingga hari keenam penderita merasakan tanda penyakit. Setelah penyakit sembuh, ruam ini tidak meninggalkan bekas.

Baca juga: 3 Fase DBD (Demam Berdarah) dari Demam sampai Sembuh

  • Pertanda kadar trombosit

Bintik-bintik merah DBD bisa jadi pertanda kadar trombosit di dalam darah. Apabila kadar trombosit turun, ruam atau bintik-bintik merah bakal merebak di banyak bagian tubuh atau sekujur tubuh.

  • Disertai gejala lainnya

Selain bintik-bintik merah, penderita biasanya juga merasakan ciri-ciri DBD lainnya seperti demam tinggi yang muncul mendadak di awal penyakit, sakit kepala parah, bagian belakang bola mata terasa sakit saat digerakkan, nyeri sendi dan otot, badan lemas, mual dan muntah.

Waspdai ciri-ciri bintik DBD di atas. Jika Anda juga mendapati gejala awal DBD yang sudah dijabarkan di atas, segera bawa penderita berkonsultasi ke dokter.

Baca juga: DBD Merebak Dampak Perubahan Iklim, Kok Bisa?


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.