Kompas.com - 29/09/2022, 06:00 WIB

KOMPAS.com - Anda yang memiliki GERD (penyakit refluks gastroesofagus) pasti sering mengalami pengalaman tidak enak di mana sendawa diikuti rasa logam yang muncul dari mulut.

Selain itu, rasa nyeri yang membakar di dada bagian tengah bawah atau di belakang tulang dada.

Mengutip Medical News Today, itu karena asam naik dari lambung ke kerongkongan secara kronis (refluks asam). GERD adalah refluks asam yang bertambah parah.

Baca juga: Tanda-tanda GERD pada Bayi yang Harus Disadari Orangtua

Makanan tertentu dapat memicu asam lambung naik. Sementara itu, GERD lebih sering dialami oleh ibu hamil dan mereka yang menderita asma dan kelebihan berat badan.

Bagi penderita GERD resisten gejala yang muncul bisa sangat mengganggu aktivitas harian hingga membutuhkan bantuan medis.

Namun, beberapa herbal sebenarnya bisa menjadi obat alami untuk mengatasi GERD sebelum bertambah parah.

Meski mungkin tidak bisa menyembuhkan GERD, bahan herbal ini sangat berguna untuk membuat gejalanya tidak terlalu parah dan sering terjadi.

Baca juga: Kenali Komplikasi GERD yang Tidak Boleh Disepelekan

Bahan herbal yang dapat menjadi obat alami untuk mengatasi GERD meliputi:

1. Jahe

Mengutip Healthline, jahe sudah lama digunakan untuk mengobati rasa mual dan penyakit gastrointestinal lainnya, termasuk GERD.

Hal tersebut karena jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan dan iritasi secara keseluruhan di kerongkongan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.