Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Ciri-ciri Urine Normal Anak menurut IDAI

Kompas.com - 01/11/2022, 18:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Ciri-ciri urine normal anak bisa dikenali dari warna, jumlah, dan frekuensi berapa kali urine dikeluarkan dalam sehari.

Pemantauan urine normal anak ini penting dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan buah hati.

Simak penjelasan ciri-ciri urine normal anak sesuai usianya menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) berikut.

Baca juga: 3 Ciri-ciri Urine Normal dari Kandungan, Warna, dan Jumlahnya

Ciri-ciri urine normal anak

Dilansir dari laman resmi Instagran IDAI, cara mengetahui urine anak normal atau tidak bisa diketahui lewat warna, jumlah, dan berapa kali urine dikeluarkan dalam sehari, yakni:

Warna urine normal anak yakni jernih atau kuning muda. Warna urine ini menandai anak cukup cairan dan fungsi ginjalnya baik.

Sedangkan warna urine anak kuning pekat atau kuning tua bisa jadi tanda anak kekurangan cairan. Artinya, anak perlu segera diberi banyak minum.

Bila warna urine anak kemerahan, merah muda, kehitaman, atau terdapat kristal atau pasir, orangtua perlu segera membawa anaknya ke rumah sakit. Warna urine tidak normal tersebut bisa jadi tanda masalah kesehatan tertentu.

Baca juga: Kenali Apa itu Kateter Urine, Fungsi, dan Jenisnya

  • Frekuensi urine normal anak

Frekuensi kencing atau pengeluaran urine normal anak berapa kali dalam sehari bisa berbeda-beda tergantung usianya.

Bayi prematur mengeluarkan urine sebanyak 20 kali dalam sehari atau 24 jam. Bayi yang lahir normal mengeluarkan urine sebanyak 10-20 kali dalam sehari.

Sedangkan bayi umur 6 bulan-2 tahun mengeluarkan urine 10 kali dalam sehari. Anak umur 5-14 tahun mengeluarkan urine 6-8 kali dalam sehari. Sementara anak 14 tahun ke atas kencing 4-8 kali dalam sehari.

Orangtua perlu waspada dan segera membawa anak ke rumah sakit jika anak sama sekali tidak pipis atau mengeluarkan urine dalam kurun waktu 12 jam.

Baca juga: Kenali Pemeriksaan Protein Urine untuk Melihat Fungsi Ginjal

Ciri-ciri urine normal anak juga bisa dikenali dari jumlahnya. Jumlahnya juga berbeda-beda, tergantung usia dan berat badan anak.

Bayi umur 1-2 hari sebanyak 16-60 ml per hari, bayi umur 4-12 hari sebanyak 100-300 ml per hari, bayi umur setengah bulan sampai sebulan sebanyak 250-450 ml per hari.

Anak umur 1 tahun jumlah urine normalnya sebanyak 500 ml per hari, anak umur 3 tahun sebanyak 600 ml per hari, anak umur 5 tahun sebanyak 700 ml per hari, anak umur 7-8 tahun sebanyak 1.000 ml per hari, anak umur 15 tahun sebanyak 1.500 ml per hari.

Dengan mengenali ciri-ciri urine normal anak di atas, orangtua bisa mengetahui jika ada masalah kesehatan pada buah hati.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Urine dan Kandungannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com