Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/11/2022, 09:01 WIB

KOMPAS.com - Manfaat tablet tambah darah untuk ibu hamil sangat penting untuk memastikan kecukupan zat gizi terpenuhi.

Untuk diketahui, asupan zat besi yang cukup berguna untuk menjaga kehamilan agar tetap sehat dan mendukung kelancaran persalinan.

Selain itu, ibu hamil juga jamak diberikan tablet tambah darah untuk mencegah anemia.

Baca juga: Anemia pada Ibu Hamil: Penyebab, Ciri-ciri, Cara Mengatasi

Anemia pada ibu hamil bisa menyebabkan pendarahan yang bisa meningkatkan risiko kematian saat persalinan, bayi lahir prematur atau berat badan rendah, sampai memicu keguguran.

Agar manfaat tablet tambah darah ini optimal, ada beberapa aturan minum suplemen ini yang perlu diperhatikan. Simak caranya berikut ini.

Aturan minum tablet tambah darah untuk ibu hamil

Menurut Kementerian kesehatan, ada beberapa aturan minum tablet tambah darah untuk ibu hamil yang perlu diperhatikan, yakni:

Untuk mencegah anemia, ibu hamil dianjurkan minum tablet tambah darah minimal 90 tablet sepanjang kehamilan. Setiap tablet ini mengandung zat besi elemental 60 miligram dan 400 mikrogram asam folat.

Ibu hamil sebaiknya minum tablet tambah darah pada malam hari. Tujuannya, untuk mengurangi efek tablet tambah darah yang terkadang bisa memicu mual.

Baca juga: 6 Manfaat Minum Tablet Tambah Darah untuk Remaja Putri

  • Imbangi dengan asupan tinggi vitamin C

Minum tablet tambah darah untuk ibu hamil sebaiknya diimbangi konsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk, jambu, kiwi, tomat, pepaya, stroberi, brokoli. Vitamin ini bisa membantu penyerapan zat besi.

  • Jangan minum dengan asupan berkafein

Saat minum tablet tambah darah, ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsinya berbarengan dengan asupan berkafein seperti teh, kopi, soda, cokelat, dll. Selain itu, jangan mengonsumsinya dengan susu, obat maag, dan tablet kalk karena bisa menghambat penyerapan zat besi.

Baca juga: 5 Cara Mengurangi Efek Samping Tablet Tambah Darah

  • Hindari minum tablet tambah darah saat perut kosong

Efek tablet tambah darah untuk ibu hamil terkadang menyebabkan perut perih dan nyeri ulu hati. Untuk mencegah efek samping ini, ibu hamil sebaiknya minum tablet tambah darah tidak dalam kondisi perut kosong.

Demi manfaat optimal suplemen ini, perhatikan aturan minum tablet tambah darah untuk ibu hamil di atas. Ibu hamil bisa mendapatkan suplemen ini di puskesmas, tempat praktik bidan, apotek, atau toko obat.

Baca juga: Aturan Minum Tablet Tambah Darah untuk Remaja Putri dan Cara Minumnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+