Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/11/2022, 16:30 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Siapa saja bisa mengalami sakit leher, baik karena posisi tidur yang salah atau postur tubuh yang tidak baik.

Healthline menjelaskan bahwa sakit leher tidak selalu merupakan kondisi kesehatan yang serius dan biasanya akan sembuh sendiri.

Baca juga: Waspadai, 4 Penyebab Sakit Leher

Meskipun begitu, ada beberapa cara menghilangkan sakit leher yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhannya.

1. Menyesuaikan aktivitas

Kegiatan yang serba sibuk dan padat berkontribusi pada rasa sakit di leher.

MedlinePlus merekomendasikan untuk istirahat sejenak selama beberapa hari untuk meredakan sakit yang dirasakan dan mengurangi peradangan.

Beberapa aktivitas fisik juga perlu dihindari untuk sementara, seperti aktivitas yang mengharuskan untuk mengangkat, menarik, meninju, dan membungkuk karena bisa memperburuk sakit leher.

Jika aktivitas tersebut tidak bisa dihindari, pastikan untuk tidak memaksakan diri dan mengurangi intensitasnya agar rasa sakit di leher bisa berkurang.

2. Mengaplikasikan kompres hangat dan dingin

Sakit leher yang dibarengi dengan pembengkakan perlu diatasi dengan pengaplikasian kompres hangat dan dingin.

WebMD menjelaskan bahwa kompres dingin dengan menggunakan air es bisa diaplikasikan setelah 24 hingga 48 jam setelah rasa sakit muncul untuk meredakan pembengkakan.

Kompres air hangat kemudian bisa diaplikasikan setelahnya untuk mengendurkan otot dan mengurangi ketegangan.

Mengaplikasikan salah satunya juga diperkenankan, namun perlu diperhatikan untuk tidak menempelkannya di leher yang sakit selama lebih dari 20 menit.

Pastikan juga untuk menggunakan handuk untuk membungkus es atau penghangat yang digunakan sebelum menempelkannya di kulit leher untuk menghindari iritasi.

Baca juga: 5 Penyebab Lutut Sakit di Usia Muda yang Perlu Diwaspadai

3. Melakukan gerakan peregangan

Melakukan gerakan peregangan tidak hanya bisa membuat tubuh lebih fleksibel, tetapi juga bisa meringankan sakit di leher.

Peregangan bisa dilakukan setelah mengaplikasikan kompres hangat pada leher atau setelah mandi dengan menggunakan air hangat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Melakukan peregangan setiap hari juga disarankan agar terhindar dari sakit leher di kemudian hari.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com