Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/11/2022, 05:08 WIB

KOMPAS.com - Mandi dengan es batu biasanya dilakukan oleh atlet setelah sesi latihan atau pertandingan untuk meredakan nyeri otot dan meningkatkan pemulihan.

Sebuah studi terkini yang diterbitkan dalam jurnal Sports Medicine pada Februari 2022 menyatakan, mandi dengan es batu atau berendam di air es terutama bermanfaat saat seseorang atau atlet baru saja melakukan latihan intensitas tinggi, khususnya HITT (High Intensity Interval Training).

Dalam studi tersebut, orang yang menggunakan mandi es setelah latihan intensitas tinggi dilaporkan merasa lebih baik, kekuatan otot meningkat dan nyeri cepat mereda.

Baca juga: Apakah Es Batu Bisa Menghilangkan Jerawat?

Dr. Dominic King dari Departemen Bedah Ortopedi di Klinik Cleveland, juga membeberkan sejumlah manfaat yang bisa didapat dari mandi air es.

1. Mandi es dapat mengurangi rasa sakit

Mengoleskan es batu secara langsung ke kulit dilakukan sebagian orang untuk mengurangi rasa nyeri akibat luka atau cedera setelah olahraga.

Para peneliti menduga bahwa persepsi rasa sakit Anda menurun karena kecepatan konduksi saraf yang melambat. Bahkan, seseorang cenderung mati rasa saat lokasi sakitnya dikompres dengan es.

"Mandi air es dapat membuat reseptor rasa sakit mati rasa dan menurunkan peradangan, sehingga Anda hampir dapat menganggapnya seperti anestesi tanpa obat," ucap Dominic.

 

2. Mandi air es dapat mengurangi peradangan

Selain cedera olahraga, mandi air es juga bermanfaat bagi orang yang memiliki kondisi peradangan seperti rheumatoid arthritis.

Dominic King menyebut, mandi air es dapat membantu mengurangi pembengkakan (peradangan) atau ketidaknyamanan lainnya yang timbul akibat rheumatoid arthritis kambuh atau setelah pasien berolahraga

Baca juga: Benarkah Manfaat Es Batu untuk Wajah Benar-benar Menjanjikan?

3. Mandi air es dapat menurunkan suhu tubuh pelari

Atlet lari yang baru saja menjalani kompetisi berat seperti marathon berpotensi mengalami peningkatan suhu tubuh. Karena itu, salah satu cara untuk mengembalikan suhu tubuh mereka yaitu dengan mandi air es.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+