Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menghilangkan Jerawat di Dada Menurut Dokter Kulit

Kompas.com - 26/11/2022, 07:33 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Kebanyakan orang mungkin merasa tak nyaman saat memiliki jerawat di permukaan kulit, termasuk area dada. Terlebih, jerawat di dada sering muncul dalam jumlah banyak dan berwarna merah.

Ketidaknyamanan ini lantas menimbulkan niat untuk menghilangkan jerawat di dada dengan cara memencet benjolan tersebut.

Namun, memencet jerawat di dada dengan tangan kosong atau alat secara mandiri ternyata malah memperburuk permasalahan di kulit kita.

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Jerawat Punggung secara Alami

Memencet jerawat di dada dapat mengakibatkan luka hingga berdarah, peradangan atau kulit membengkas, bekas berupa bintik hitam, hingga hiper-pigmentasi.

Jika Anda memiliki jerawat di dada, sebaiknya ikuti 5 langkah menurut dokter kulit berikut agar cepat sembuh dan terhindar dari kulit kusam.

1. Gunakan sabun mandi khusus jerawat

Mulailah dengan mengatasi jerawat dada saat mandi atau berendam setiap hari. Jadi, alih-alih menggunakan sabun mandi biasa, Anda dapat langsung memakai sabun khusus jerawat.

Dilansir dari Women Health, dokter spesialis kulit, dr. Vega Gonzales merekomendasikan produk sabun yang mengandung asam salisilat untuk menghilangkan minyak berlebih dan sel kulit mati jika Anda memiliki jerawat kecil di dada.

Sementara, apabila Anda memiliki jerawat yang lebih meradang dan cenderung lebih keras, pertimbangkan untuk memakai produk dengan kandungan benzoil peroksida untuk membunuh bakteri penyebab jerawat di kulit Anda.

2. Lakukan eksofiliasi

Melakukan eksofiliasi atau pengelupasan kulit dalam rutinitas perawatan atau mandi Anda. Vega menyebut, eksofiliasi dapat menipiskan kulit sehingga memungkinkan keratin berlebih untuk keluar dari tubuh.

Eksofiliasi juga bagus untuk mengobati hiperpigmentasi di dada setelah jerawat hilang yang sering ditandai dengan kulit kemerahan, kusam, atau noda.

Kendati demikian, jangan melakukan eksofiliasi terlalu sering karena dapat mengiritasi kulit dan merangsang tubuh untuk memproduksi lebih banyak minyak.

Dokter Vega merekomendasikan agar eksofiliasi dilakukan 1-3 kali dalam seminggu.

Baca juga: 10 Masker Alami untuk Menghilangkan Jerawat

3. Gunakan obat topikal

Jika sabun mandi atau eksofiliasi tidak dapat mengatasi jerawat di dada, Anda dapat membeli obat atau krim topikal.

Obat topikal adalah jenis obat yang cara pakainya dioleskan langsung pada permukaan kulit atau selaput lendir. Disarankan untuk mengoleskan obat atau krim topikal setelah jerawat mengering.

Perlu diketahui, krim jerawat yang mengandung benzoil peroksida dapat menodai pakaian Anda, jadi pertimbangkan untuk bertelanjang dada setelah mengoleskan obat tersebut.


Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com