Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Mengatasi Hiperseks, dari Diri Sendiri hingga dengan Obat

Kompas.com - 12/02/2023, 22:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Setiap orang memiliki dorongan yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan seksualnya.

Namun, penderita hiperseks memiliki dorongan seksual yang terlalu besar hingga membuatnya terlalu fokus terhadap pemenuhan kebutuhan seksual dan berakibat negatif pada dirinya sendiri serta orang lain.

Untuk menghindari efek yang buruk, ketahui cara mengatasi hiperseks berikut ini.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Hiperseks, Penyebab, dan Ciri-cirinya

Cara mengatasi hiperseks

Dilansir dari Verywell Health, hiperseks adalah keinginan atau dorongan yang kuat untuk melakukan berbagai jenis perilaku seksual.

Namun, hiperseks berbeda dengan nafsu yang tinggi karena hiperseks membuat penderitanya mendapatkan konsekuensi negatif dari perilaku seksual yang dilakukan.

Bahkan, penderita hiperseks cenderung lebih fokus untuk mencari kepuasan seksual daripada aspek kehidupan yang lainnya hingga terkadang memberikan efek buruk pada orang lain.

Menurut Mayo Clinic, belum ada diagnosis pasti untuk hiperseks meskipun kondisi ini sering masuk ke dalam kategori gangguan mental karena membuat penderitanya kecanduan atau tidak memiliki kemampuan untuk mengontrol aktivitas tertentu.

Penelitian lebih lanjut mengenai diagnosis serta cara mengatasi hiperseks masih diperlukan agar penderita bisa mendapatkan perawatan yang tepat.

Meskipun begitu, menurut Patient Info, cara mengatasi hiperseks berfokus untuk membantu penderita dalam mengontrol dan mengurangi dorongan yang muncul sehingga bisa melakukan hubungan seksual yang sehat.

Baca juga: 9 Ciri-ciri Hiperseks yang Perlu Diwaspadai

Disarikan dari Patient Info dan WebMD, ada beberapa cara mengatasi hiperseks yang akan dilakukan oleh dokter, seperti:

  • Bantuan diri atau self help

Kontrol dari diri sendiri atau self help adalah prosedur yang dilakukan oleh diri sendiri untuk menemukan masalah serta mengatasi masalah yang dialami secara mandiri.

Dengan cara ini, penderita akan lebih memahami hal-hal apa saja yang memicu munculnya dorongan untuk melakukan perilaku seksual dan menggantinya dengan kebiasaan yang lebih sehat.

  • Prosedur psikoterapi

Prosedur psikoterapi adalah prosedur yang umum digunakan untuk mengatasi masalah gangguan mental secara psikologi.

Dengan menjalani prosedur ini, penderita bisa belajar bagaimana cara mengontrol perilaku seksual yang muncul dengan lebih baik.

  • Konsumsi obat

Beberapa jenis obat juga akan diberikan untuk membantu mengurangi pikiran, perilaku, atau dorongan seksual yang muncul.

Obat yang diberikan untuk penderita hiperseks terkadang juga merupakan obat untuk mengatasi gangguan kesehatan mental yang lainnya, seperti antidepresan untuk depresi hingga naltrekson untuk kecanduan.

Dengan mengetahui cara mengatasi hiperseks tersebut, penderita jadi lebih bisa mengontrol pikiran dan dorongan seksual yang dilakukan.

Untuk itu, segera cari bantuan medis ketika mengalami gejala hiperseks yang membuat dorongan seksual tidak terkontrol agar bisa mendapatkan pengobatan yang tepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com