Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Efek Positif Melamun, Termasuk Mengurangi Stres

Kompas.com - 12/02/2023, 19:30 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa orang memanfaatkan lamunan sebagai cara untuk melepas penat setelah aktivitas yang padat.

Sayangnya, melamun cenderung memiliki konotasi negatif, seperti dianggap bisa membuat seseorang kerasukan setan atau hilang akal sehat.

Baca juga: Suka Melamun Pertanda Apa?

Kenyataanya, melamun memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan mental. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui macam-macam efek positif dari melamun.

 

4 Efek positif melamun

Ada beberapa keuntungan atau efek positif dari melamun, antara lain:

  • Mengurangi stres

Mengabaikan dunia luar yang bising, bisa membuat pikiran mengalir dengan bebas. Hal ini mendorong relaksasi dan eksplorasi mental.

Dilansir dari Verywellmind, saat pikiran mengalir dengan bebas, manusia berada di gelombang alfa yang menciptakan perasaan tenang.

Saat pikiran mengembara, seseorang dapat mengelola rasa cemas. Karena itu, manfaat melamun yaitu membantu Anda melupakan berbagai kekhawatiran dan akhirnya dapat mengurangi stres.

  • Membantu mengatasi masalah

Lamunan bukan sekadar pelarian kecil. Membiarkan pikiran berkeliaran bisa membantu kita dalam mengatasi masalah dengan perspektif baru dan menjadikan diri lebih fokus.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pikiran yang mengembara dapat memunculkan ide-ide baru untuk mengatasi sebuah masalah.

Jadi, ketika Anda merasa sudah tidak memiliki solusi untuk memecahkan sebuah masalah, cobalah untuk menarik napas dalam-dalam kemudian biarkan pikiran melayang bebas.

Baca juga: Sering Melamun hingga Lupa Waktu, Waspadai Maladaptive Daydreaming

 

Jika kita perhatikan, anak-anak adalah kelompok usia yang memiliki beragam kreativitas karena pikiran mereka terus berkelana.

Namun, fantasi dan ide-ide si kecil yang lahir dari lamunan sering disepelekan oleh sebagian besar orang dewasa.

Padahal, melamun dan membiarkan pikiran berkelana layaknya anak-anak dapat mengoptimalkan fungsi seluruh bagian otak. Hal ini menunjang Anda untuk berpikir dengan lebih cerdas dan cepat dalam mengatasi masalah.

  • Menjaga koneksi antar individu

Dilansir dari Everyday Health, efek positif lain dari melamun adalah dapat membantu menjaga koneksi antar individu, baik dengan pasangan, teman, atau rekan kerja.

Saat melamun, Anda dapat mengingat kembali kenangan manis bersama orang-orang terdekat. Hal ini membuat Anda lebih bisa menghargai kebersamaan dengan orang terdekat.

Ada beberapa efek positif melamun, yaitu dari mengatasi stres hingga menjaga hubungan antar individu.

Kendati demikian, melamun sebaiknya hanya dilakukan sesekali saja. Terlalu sering melamun bisa membuat Anda susah fokus hingga mengalami masalah mental, terutama jika pikiran didominasi oleh hal-hal negatif.

Baca juga: 3 Cara Menjaga Kesehatan Mental Melalui Pola Hidup Sehat


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com