Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/03/2023, 19:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Puasa adalah salah satu ibadah yang wajib dilakukan umat Muslim di bulan Ramadhan. Selain menjadi ibadah, puasa juga punya manfaat kesehatan, termasuk untuk penderita diabetes.

Namun, puasa untuk penderita diabetes tidak bisa sembarangan dan perlu penyesuaian, agar kadar gula darah tetap terkontrol.

Simak manfaat puasa untuk penderita diabetes dan tips amannya dari dokter lewat artikel berikut ini.

Baca juga: 5 Tips Puasa untuk Penderita Diabetes agar Gula Darah Tetap Terkontrol

Apa manfaat puasa untuk penderita diabetes?

Dokter spesialis penyakit dalam subspesialis endokrinologi metabolik dan diabetes dr M. Ikhsan Mokoagow, M.Med.Sci, Sp. P. D., Subsp. E. M. D, FINASIM. menjelaskan, ada beberapa manfaat kesehatan puasa untuk penderita diabetes, antara lain:

  • Membuat pola makan lebih teratur, kadar gula darah lebih stabil
  • Membantu mengatur peningkatan kadar glukosa dan insulin dalam tubuh
  • Mengurangi kadar kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL)
  • Membantu menurunkan produksi hormon adrenalin, tekanan darah terkontrol
  • Membantu memperbaiki sel-sel yang rusak, sehingga sistem kekebalan tubuh terjaga

Untuk memetik manfaat puasa untuk penderita diabetes di atas, dokter yang berpraktik di RS Pondok Indah Puri Indah Jakarta ini menyebut ada hal yang perlu diperhatikan.

“Asalkan ketika sahur dan buka puasa, penderita diabetes bijak memilih makanan dan minumannya,” jelas Ikhsan, seperti dilansir dari Antara, Rabu (29/3/2023).

Perlu diketahui, puasa dapat memengaruhi pola tidur, pola makan, perubahan hormon, dan keseimbangan cairan yang dapat memengaruhi kadar gula darah.

Dengan begitu, penderita diabetes perlu berkonsultasi ke dokter sebelum dan selama menjalankan puasa.

Baca juga: 10 Makanan Buka Puasa untuk Penderita Diabetes

Apakah penderita diabetes boleh puasa?

Ikhsan menjelaskan, penderita diabetes boleh puasa atau tidak sangat tergantung kondisi tubuh penderita dan tingkat risiko penyakit.

Berdasarkan pedoman dari International Diabetes Federation - Diabetes and Ramadan, terdapat tiga kategori risiko puasa untuk penderita diabetes, yakni risiko rendah, sedang, dan tinggi.

Penderita diabetes risiko rendah umumnya aman berpuasa. Pada risiko sedang, ada kemungkinan puasa menjadi kurang aman. Pada risiko tinggi, penderita diabetes tidak boleh puasa karena berisiko pada kesehatan.

“Apabila seseorang termasuk dalam kategori yang tidak direkomendasikan dan tidak dianjurkan untuk berpuasa, ada baiknya untuk tidak memaksakan diri," kata Ikhsan.

Di luar faktor risiko yang dievaluasi dokter, Ikhsan menyebut penderita diabetes disarankan untuk membatalkan puasa, jika kadar gula darah kurang dari 70 mg/dL atau 300 mg/dL lebih.

Selain itu, waspadai juga gejala gula darah rendah atau hipoglikemia (ditandai dengan gemetaran, berkeringat dingin, pusing), dehidrasi, atau penyakit akut lainnya.

Baca juga: 9 Buah Pilihan untuk Penderita Diabetes Buka Puasa

Tips puasa untuk penderita diabetes

Untuk mencegah komplikasi kesehatan dan menjaga kadar gula darah tetap terkontrol, ada tips puasa untuk penderita diabetes yang dibagikan Dokter Ikhsan. Berikut beberapa di antaranya:

  • Hindari tidak sahur sebagai bekal energi sepanjang hari dan mencegah kadar gula darah drop
  • Kebutuhan kalori tidak berubah selama Ramadhan. Bagi komposisinya 30-40 persen saat sahur, 40-50 persen saat buka, dan 10-20 persen untuk camilan
  • Waktu sahur paling baik bagi penderita diabetes adalah mendekati waktu imsak. Sedangkan waktu buka paling baik adalah sesegera mungkin
  • Pilih asupan yang tinggi serat seperti nasi merah, roti gandum utuh, sayur dan buah agar lebih awet kenyang
  • Hindari segala jenis gorengan dan asupan yang diberi pemanis
  • Untuk mencegah dehidrasi, konsumsi cukup air putih selama buka sampai sahur. Minimalkan asupan kafein seperti kopi, teh, atau cokelat karena bisa membuat sering kencing
  • Jaga kebugaran dengan rutin olahraga
  • Rutin periksa gula darah secara berkala
  • Konsumsi obat diabetes sesuai anjuran dokter

“Jika kadar gula darah terkontrol dengan baik, ibadah puasa bisa dijalankan tanpa kendala,” jelas Ikhsan.

Meskipun ada beberapa manfaat puasa untuk penderita diabetes, perlu diingat bahwa pengidap masalah gula darah ini perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan apakah kondisi kesehatannya memungkinkan untuk menjalankan puasa.

Baca juga: 8 Gejala Diabetes yang Tak Biasa, dari Kesemutan hingga Sakit Mata

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com