Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/06/2023, 06:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com - Salah satu manfaat probiotik yang penting untuk tubuh adalah perannya dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk diketahui, probiotik adalah mikroorganisme hidup seperti bakteri baik, yang dalam jumlah cukup bisa berdampak positif pada tubuh.

Nah, cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami salah satunya bisa dengan rutin minum probiotik setiap hari.

Baca juga: Mengenal Apa itu Probiotik dan Jenis-jenisnya

Selain itu, Anda perlu mengimbanginya dengan gaya hidup sehat seperti rutin olahraga, mengendalikan stres, banyak tertawa, dan menjaga pola makan sehat.

Lantas, bagaimana probiotik bisa meningkatkan imunitas?

Simak penjelasan ahli imunologi Profesor Kazuyoshi Takeda dari Juntendo University Jepang saat berbincang di kuliah terbuka Lactic Acid Bacteria and Immune System di Yakult Honsha, Minato, Tokyo, Jepang (23/5/2023) lewat artikel berikut ini.

Baca juga: 8 Manfaat Probiotik untuk Kesehatan yang Sayang Dilewatkan

Manfaat probiotik untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Profesor Kazuyoshi Takeda menjelaskan, manfaat probiotik bisa meningkatkan daya tahan tubuh karena asupan ini dapat memperbaiki kinerja sel imunitas, terutama sel pembunuh alami (sel natural killer atau sel NK).

Takeda lebih jauh memaparkan, sel NK adalah sel pembunuh alami bagian dari sel darah putih yang dapat menghancurkan sel-sel yang terinfeksi kuman seperti virus, atau tumbuh tidak normal seperti tumor dan kanker.

Pakar imunologi ini menyebutkan, beberapa faktor seperti kebiasaan merokok, tingkat stres yang tinggi, malas bergerak, tidak rutin olahraga, sampai pertambahan usia bisa menurunkan aktivitas sel NK.

“Penelitian menunjukkan, minum probiotik setiap hari terbukti bisa meningkatkan aktivitas sel NK yang menjadi bagian dari kekebalan alami tubuh,” jelas Takeda.

Menurut Takeda, ia bersama timnya melakukan riset pada 9 sukarelawan berumur 30-45 tahun dan 10 sukarelawan berusia 69-97 tahun yang tengah menjalani perawatan dirawat di rumah sakit.

Subyek penelitian tersebut memiliki tingkat aktivitas sel NK yang rendah karena kombinasi faktor usia dan mengidap beberapa masalah kesehatan seperti liver, kanker, dan gangguan imunitas.

Hasilnya, subyek studi yang rutin minum probiotik mengandung Lactobacillus casei Shirota selama tiga minggu memilki kinerja sel NK yang lebih baik. Dengan kata lain, suplementasi probiotik terbukti bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca juga: Mengapa Kita Dianjurkan Minum Probiotik Setiap Hari? Ini Jawaban Ahli…

Bagaimana probiotik bisa meningkatkan daya tahan tubuh?

Profesor Kazuyoshi Takeda dari Juntendo University Jepang berpose setelah memberikan paparan di forum kuliah terbuka Lactic Acid Bacteria and Immune System di Yakult Honsha, Minato, Tokyo, Jepang (23/5/2023). Kompas.com/Mahardini Nur Afifah Profesor Kazuyoshi Takeda dari Juntendo University Jepang berpose setelah memberikan paparan di forum kuliah terbuka Lactic Acid Bacteria and Immune System di Yakult Honsha, Minato, Tokyo, Jepang (23/5/2023).
Profesor Kazuyoshi Takeda menjelaskan, konsumsi minuman probiotik yang mengandung Lactobacillus casei Shirota bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan merangsang sistem kekebalan alami di usus.

Lactobacillus casei Shirota meningkatkan aktivitas sel NK dalam tubuh melalui peningkatkan respons imun di usus,” jelas Takeda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com