Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/06/2023, 16:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Melankolia atau depresi melankolis ditandai dengan perasaan sedih, tidak berdaya, serta ketidakmampuan untuk merasa bahagia.

Cara mengatasi depresi ini lebih sulit jika dibandingkan dengan jenis depresi lainnya karena gejala yang muncul juga lebih serius.

Meskipun tidak bisa disembuhkan secara total, konsumsi obat serta perawatan yang diberikan bisa menurunkan gejala yang muncul. Simak cara mengatasi depresi melankolis berikut ini.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Depresi Melankolis, Penyebab, Gejala, Pengobatannya

Cara mengatasi depresi melankolis

Disarikan dari WebMD dan Verywell Mind, berikut adalah beberapa cara mengatasi depresi melankolis yang umumnya diberikan.

  • Mengonsumsi obat

Mengonsumsi obat, seperti antidepresan, adalah pengobatan yang umum diberikan untuk penderita depresi melankolis karena dipercaya bahwa penyebabnya adalah faktor biologis.

Gejala depresi melankolis umumnya tidak dipengaruhi oleh faktor eksternal, seperti kehilangan orang yang dicintai.

Dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu, hormon serotonin dan norepinefrin di dalam otak bisa dikurangi sehingga hormon bahagia akan meningkat.

  • Melakukan electroconvulsive therapy

Electrovulsive therapy (ECT) adalah terapi yang menggunakan arus listrik yang dialirkan ke otak.

Jenis terapi ini akan diberikan ketika pengobatan lainnya tidak bisa mengurangi gejala depresi melankolis yang muncul.

Ketika melakukan jenis terapi ini, keseimbangan kimia otak akan diubah sehingga gejala yang muncul bisa dikurangi.

Baca juga: 17 Gejala Depresi Melankolis yang Perlu Diwaspadai

  • Melakukan psikoterapi

Terapi bicara atau psikoterapi juga akan diberikan bersamaan dengan konsumsi obat sehingga hasilnya lebih efektif untuk mengurangi gejala yang muncul.

Jenis terapi ini perlu dilakukan secara teratur dengan tenaga ahli yang profesional, seperti psikiater.

Meskipun begitu, banyak ahli yang berpendapat bahwa psikoterapi tidak bisa memberikan mengurangi gejala depresi yang muncul karena karakteristiknya yang berbeda dengan jenis depresi lainnya.

Untuk itu, jenis terapi lainnya juga perlu dilakukan bersamaan dengan psikoterapi yang dilakukan, seperti terapi kognitif perilaku (CBT) dan terapi interpersonal.

  • Melakukan pola hidup sehat

Selain melakukan pengobatan dan perawatan di atas, melakukan pola hidup sehat juga diperlukan untuk membantu penderita memiliki suasana hati yang lebih baik.

Untuk itu, penderita diimbau untuk berolahraga secara rutin, mengonsumsi makanan yang sehat, melakukan meditasi, dan mendapatkan tidur yang cukup.

Depresi melankolis berbeda dengan jenis depresi lainnya karena memiliki gejala yang lebih serius.

Dengan mengetahui cara mengatasi depresi melankolis di atas, Anda bisa segera mendapatkan pengobatan dan perawatan yang diperlukan sebelum gejala yang muncul bertambah parah.

Hindari melakukan diagnosis pribadi dan segera cari bantuan medis ketika merasa sedih dalam waktu yang lama sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari agar bisa mengetahui penyebab yang pasti dan cara mengatasinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com