Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Virus Bagi Manusia, Tak Selalu Jadi Biang Penyakit

Kompas.com - 21/09/2023, 18:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Virus sering dikaitkan sebagai pemicu berbagai penyakit. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa manfaat virus bagi manusia?

Dilansir dari ClevelandClinic, virus adalah organisme mikroskopis yang dapat menginfeksi inang, seperti manusia, tumbuhan, atau hewan.

Organisme ini terdiri dari material genetik DNA atau RNA, dan memiliki cangkang pelindung atau kapsid. 

Sebagai pengetahui, ada sejumlah virus yang menguntungkan bagi manusia, karena bisa membunuh bakteri atau melawan virus lain yang lebih berbahaya.

Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja manfaat virus bagi kehidupan manusia, Anda dapat menyimak artikel di bawah ini. 

Baca juga: 10 Virus Paling Mematikan di Dunia Sepanjang Sejarah Peradaban Manusia 

Apa saja manfaat virus bagi manusia?

Peranan virus bagi kehidupan manusia banyak dimanfaatkan untuk dunia kedokteran dan rekayasa genetika. Disarikan dari NewsMedical dan LifeSciences, berikut beberapa manfaat virus bagi manusia:

  • Pembuatan vaksin

Virus yang dilemahkan telah dimanfaatkan ilmuwan Edward Jenner dalam pembuatan vaksin cacar pada 1978 silam.

Teknologi serupa juga digunakan untuk pembuatan vaksin polio, MMR, rotavirus, demam kuning, campak, Covid-19, dan lain-lain.

Ketika vaksin diberikan pada individu yang sehat, vaksin dapat membantu sistem kekebalan tubuh untuk mengenalinya, sehingga tubuh sudah punya kekebalan ketika suatu saat terinfeksi biang penyakit tersebut.

  • Melawan bakteri tertentu

Beberapa virus dapat menginfeksi, menargetkan, sekaligus melawan bakteri biang penyakit tertentu. Virus ini jamak ditemukan di lapisan selaput lendir, seperti di saluran pencernaan, pernafasan, dan reproduksi.

Fungsi lendir pada tubuh manusia berguna untuk memberikan penghalang fisik terhadap serangan bakteri, serta melindungi sel di bawahnya agar tubuh tidak mudah terinfeksi.

Penelitian terbaru menunjukkan, fag yang ada dalam lendir tersebut merupakan bagian dari sistem kekebalan alami yang membanti melindungi tubuh dari serangan bakteri.

Fungsi virus ini sebenarnya telah digunakan untuk mengobati disentri, sepsis yang disebabkan Staphylococcus aureus, infeksi salmonella, dan infeksi kulit.

  • Mencegah infeksi virus parah sampai meninggal dunia

Dilansir dari BBC, beberapa virus ternyata dapat membantu melindungi tubuh saat terinfeksi virus lainnya.

Virus GB C yang masih satu kerabat dengan virus West Nile dan demam berdarah dapat mencegah infeksi virus HIV berkembang menjadi AIDS atau infeksi HIV tahap lanjutan.  

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com