Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trigliserida Tinggi Apa Boleh Minum Kopi? Berikut Penjelasannya...

Kompas.com - 10/07/2024, 20:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Orang yang memiliki trigliserida tinggi dianjurkan menghindari minuman tertentu demi mengontrol kondisinya. Lantas, trigliserida tinggi apa boleh minum kopi?

Individu dengan memiliki kadar trigliserida tinggi masih diperbolehkan minum kopi. Namun, tidak dianjurkan untuk menggunakan pemanis secara berlebihan.

Untuk mengetahui lebih lanjut apakah kopi aman untuk penderita trigliserida, simak ulasan berikut.

Baca juga: Trigliserida Tinggi Apa Boleh Makan Pisang? Berikut Penjelasannya...

Trigliserida tinggi apa boleh minum kopi?

Ilustrasi trigliserida rendah, penyebab trigliserida rendah, cara mengatasi trigliserida rendah Ilustrasi trigliserida rendah, penyebab trigliserida rendah, cara mengatasi trigliserida rendah

Orang dengan trigliserida tinggi boleh-boleh saja minum kopi.

Namun, perlu dipertimbangkan cara pengolahan kopi yang Anda konsumsi, berapa banyak, berapa sering, serta mengamati tambahan apa saja yang dicampur ke dalam kopi.

Dilansir dari MDlinx, pengolahan kopi yang tidak meningkatkan profil lipid, baik trigliserida maupun kolesterol yaitu dengan cara diseduh langsung menggunakan air panas tanpa menggunakan kertas saring atau media lain, misalnya kopi tubruk dan espresso.

Sementara itu, metode penyeduhan lain, misalnya dengan French Press dan V-60 yang disaring menggunakan kertas dinilai dapat menghasilkan kolesterol dan trigliserida.

Hal itu karena pemakaian kertas saring dapat menjebak dua senyawa dalam kopi, yaitu kahweol dan cafestol.

Kahweol dan cafestol adalah senyawa diterpena pentasiklik yang larut dalam lemak dan terdapat dalam minyak biji kopi. Keduanya dapat memicu peningkatan kolesterol dan trigliserida.

Baca juga: Daun Apa yang Bisa Menurunkan Trigliserida? Berikut 6 Daftarnya

Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa batas aman minum kopi yaitu 4 cangkir. Namun, kondisi setiap orang berbeda-beda, terlebih jika Anda mengonsumsi obat-obatan untuk trigliserida.

Itu artinya, penderita trigliserida tinggi perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui berapa banyak kopi yang boleh diminum.

Pastikan pula untuk memperhatikan tambahan yang dicampur ke dalam kopi. Mengonsumsi kopi dengan susu rendah atau bebas lemak umumnya aman untuk orang dengan trigliserida tinggi.

Namun, beragam pemanis seperti gula pasir, gula aren, krimer kental manis, sirup perasa, es krim, dan whipped cream sebaiknya dihindari.

Dikutip dari Healthline, beragam produk gula yang dikonsumsi dapat menjadi trigliserida di dalam tubuh yang dapat menumpuk dan memicu aterosklerosis.

Pemanis pada kopi juga dapat membahayakan kondisi penderita trigliserida tinggi dengan diabetes dan hipertensi.

Baca juga: Trigliserida Tinggi Menandakan Apa? Berikut Penjelasannya...

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com