Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2013, 11:31 WIB


TANYA :

Dok, hingga hari ini, usia saya sekitar 19 tahun jalan, tapi saya hanya memiliki satu testis. Sedangkan testis yang satunya lagi tidak berisi dok, dan itu juga berdampak pada pertumbuhan kelamin saya dok. Saya bingung dan resah, kenapa sampai saat ini organ seksual saya tidak ada perkembangan dari dulu. Yang jadi pertanyaan saya, bagaimana cara supaya kelamin saya bisa normal seperti pria pada umumnya? Apakah saya bisa memiliki keturunan? Mungkin dokter bisa memberikan saran.

(M.Ali, 19, Mataram)

 

JAWAB :

Perkembangan kelamin meliputi penis, testis, dan kelenjar kelamin yang lain. Kalau testis Anda hanya satu, berarti yang satu lagi mengalami hambatan dalam perkembangannya sehingga tidak dapat turun ke dalam kantung testis.

Ada penyebab tertentu mengapa testis tidak turun ke alam kantungnya, antara lain karena gangguan kerja hormon seks. Tetapi kalau benar penis Anda juga tidak berkembang, berarti Anda mengalami gangguan perkembangn kelamin.

Saya sarankan Anda segera berkonsultasi lebih lanjut dan mendapat pemeriksaan agar segera mendapat pengobatan. Tetapi harap dimengerti testis yang tidak turun itu sudah tidak berfungsi lagi.

Mengenai mampu tidaknya memiliki anak, tentu tergantung sejauh mana kesuburan Anda terganggu karena hanya memiliki satu testis. Mungkin saja kesuburan Anda tidak terganggu kalau testis yang satu itu berfungsi ekstra sehingga mengambil alih fungsi testis yang tidak turun itu. Tetapi tentu saja adanya gangguan kesuburan sangat mungkin terjadi.       

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com