Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Menghilangkan Tanda Lahir pada Bayi?

Kompas.com - 03/07/2014, 10:05 WIB

TANYA:
 
Halo dok, saya baru memiliki bayi perempuan berusia 2 bulan, ia sehat dan perkembangannya bagus. Hanya saja ada yang mengganjal bagi saya yaitu ia memiliki tanda lahir berwarna bercak merah di bagian leher. Ukurannya sekitar 3 cm dan tampak jelas. Saya takut setelah besar ia akan menjadi minder. Apakah tanda lahir ini bisa dihilangkan dengan laser atau teknologi lain. Kira-kira usia berapa hal itu bisa dilakukan. Terima kasih atas penjelasannya.
Maulana, Sukabumi

JAWAB :

Bercak merah di kulit seorang bayi dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti awal dari hiperpigmentasi/warna kulit yang lebih gelap, tumor jinak pembuluh darah halus/kapiler kulit (hemangioma), dan sebagainya.

Pada banyak kasus, hemangioma biasanya akan mengalami penipisan bahkan menghilang saat usia 6 bulan atau lebih. Namun untuk lebih memastikannya sebaiknya bapak membawanya berkonsultasi ke dokter si kecil untuk dapat diperiksa lebih lanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com