Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/08/2014, 15:17 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

Sumber HEALTHDAY


KOMPAS.com -
Tujuan orangtua membawakan bekal makanan bagi anaknya adalah untuk menghindari mereka jajan sembarangan yang kurang higienis. Namun niat tersebut tak akan terwujud jika kita justru kurang menjaga kebersihan tempat bekal makanan.

Natasha Haynes, pakar ilmu keluarga dan konsumen dari Mississippi State University mengatakan, pada kotak makan yang kotor terdapat bakteri yang bisa membuat anak-anak sakit. Faktanya, orangtua tidak mengetahui berapa banyak mikrobakteri yang ada di kotak makan yang dibawa hampir setiap hari itu.

"Anak-anak tidak selalu mencuci tangannya sebelum memegang kotak makan dan makanan. Karena sebagian jenis makanan yang dibawa membutuhkan tangan untuk memakannya, maka sangat mudah bakteri dari kotak makan membuat anak sakit," ujarnya.

Selain menjaga kotak makan tetap bersih, peneliti menyarankan supaya orangtua juga menyertakan sebotol kecil gel antibakteri di tas anak. Ini supaya bila lupa mencuci tangan, maka mereka dapat menggunakan gel tersebut untuk mengurangi bakteri di tangan mereka.

"Saat berada di kantin, anak-anak perlu menghindari makan makanan yang sudah terjatuh di meja," ujar Haynes.

Ia juga menekankan pada pentingnya menjaga kebersihan dan praktik keamanan pangan saat membungkus bekal makan. Siapapun yang menyiapkan makanan, maka pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu, selanjutnya baru cuci permukaan meja tempat menyiapkan makanan, dan cuci kotak makannya.

Untuk menjaga higienitas, bersihkan dapur secara berkala, termasuk alat-alat dapur dan pegangan kulkas. Sebelum memasukkan buah ke kotak makan juga sebaiknya dicuci terlebih dahulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com