Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/10/2014, 18:00 WIB

KOMPAS.com - Meski kita memiliki seabrek kegiatan, namun olahraga seharusnya jangan ditinggalkan. Untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan terhindar dari penyakit, lakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari. Namun, terkadang setelah berolahraga kita kerap merasa ngantuk dan lemas. Apa yang salah?

Setelah berolahraga sejatinya kita akan merasa lebih bersemangat, badan juga terasa lebih segar karena keringat yang keluar. Jika kita justru merasa ngantuk dan kelelahan, menurut dr.Leane, Sp.GK, hal tersebut biasanya disebabkan karena tubuh kekurangan cairan.

"Ketika kita olahraga sirkulasi tubuh menjadi bagus dan oksigen yang masuk juga banyak. Tapi kalau kita kurang cairan atau dehidrasi, metabolisme jadi terlambat, sehingga kita menjadi lemah," katanya di Jakarta (23/10/14).

Ia mengatakan, kebutuhan cairan tubuh sebaiknya jangan disepelekan. Mengonsumsi air, menurut Leane, seharusnya dilakukan sebelum, saat, dan setelah olahraga.

"Dehidrasi akan membuat koordinasi tubuh dan juga konsentrasi berkurang. Akibatnya mudah terjadi cedera, termasuk kram otot," kata dokter spesialis gizi yang banyak menangani para atlet ini.

Meski begitu, ia menyarankan agar air yang diasup tidak sekaligus banyak. "Minumlah air sedikit-sedikit. Misalnya sebelum olahraga minum 150 ml. Kalau terlalu banyak malah akan membebani tubuh," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com