Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/06/2015, 07:30 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Taiwan terus mendorong masyarakatnya untuk hidup sehat. Banyak jalur sepeda dan area parkir khusus sepeda di sejumlah ruas jalan di Taiwan.

Cukup banyak masyarakatnya yang bersepeda, baik untuk sekedar berolahrga maupun sebagai alat transportasi. Taiwan sendiri adalah salah satu negara eksportir sepeda terbesar di dunia.

Verna Chung, Marketing Director Sine Integrated Management perwakilan dari Taiwan Commerce Development Research Institute (CDRI) mengungkapkan, selain bersepeda, banyak masyarakat Taiwan yang rutin berolahraga sepulang dari kantor atau tempat kerja.

"Setelah kerja lebih banyak menghabiskan waktu di taman dan jalan sekitar rumah untuk bersepeda, berlari. Dilakukan sebagai keseharian dan olahraga,"  terang Verna dalam jumpa pers Wow! Taiwan Select di Jakarta, Kamis (18/6/2015).

Bahkan menurut Verna, saat ini pemerintah pun menggalakkan konsumsi makanan sehat, seperti makanan dan minuman organik, tanpa bahan kimia. Taiwan memproduksi camilan sehat hingga krim kecantikan yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti pare.

Semangat  masyarakatnya untuk hidup sehat barangkali juga karena Taiwan memproduksi peralatan canggih dan desain yang disesuaikan dengan selera masyarakat.  Misalnya, merk Garmin yang sebelumnya dikenal sebgai GPS, kemudian diproduksi dalam bentuk jam  tangan dengan desain dan warna yang menarik. Jam tersebut dapat menghitung langkah kaki atau seberapa banyak gerak aktif saat berolahraga.

Selain menghasilkan sepeda Strida yang dikenal dengan desain unik, yaitu berbentuk segitiga, Taiwan juga menciptakan pannier sepeda dengan bahan yang  berasal dari daur ulang ban sepeda. Untuk mendukung masyarakatnya yang gemar lari, Taiwan membuat sepatu lari dengan warna-warna terang.

Sejumlah produk asal Taiwan pun ini akan dipamerkan di Central Park Mall, Jakarta pada 22-28 Juni 2015 yang merupakan acara  Wow! Taiwan Selects Pop Up Store. Selain Indonesia, Vietnam juga menjadi negara yang dilirik Taiwan untuk mengenalkan produk-produk kesehatannya.

 “Kami ingin mengajak teman-teman di Indonesia menikmati healthy lifestyle ala Taiwan. Indonesia dan Taiwan sama-sama menyadari pentingnya hidup sehat melalui makanan dan kehidupan sehari-hari,” kata Verna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com