Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ngobrol" dengan Dokter Redakan Cemas Sebelum Operasi

Kompas.com - 02/11/2015, 15:00 WIB
KOMPAS.com - Menghadapi operasi tentu menimbulkan kecemasan dan ketakutan luar biasa. Salah satu cara untuk mengatasinya ternyata sederhana, mengobrollah dengan dokter.

Kata-kata positif dari dokter kepada pasiennya sebelum operasi terbukti lebih efektif membuat pasien tenang.

Studi mengenai hal tersebut dilakukan oleh Ahli Anestesi, Dr. Emmanuel Boselli dari RS Edouard Herriot di Lyons Perancis. Ia dan timnya menguji manfaat dari apa yang dikenal sebagai "hipnosis percakapan".

Metode ini dilakukan dengan cara dokter berbicara secara positif dan menyampaikan memotivasi, misalnya saja memilih kata "tetap tenang" dan bukannya "jangan bergerak" agar pasien tidak terlalu fokus dengan persiapan menjelang operasi, seperti anestesi.

Penelitian itu melibatkan 100 pasien yang akan melakukan operasi tangan. 50 pasien menggunakan hipnosis percakapan ketika diberi suntikan anestesi dan sisanya dengan hidroxin atau pil untuk membuat pasien tenang sebelum operasi.

Pasien yang mendapatkan hipnosis percakapan ternyata lebih tenang dan tidak terlalu cemas dibandingkan dengan yang mendapat pil untuk menenangkan.

"Kata-kata yang digunakan dokter harus menenangkan dan positif agar si pasien merasa nyaman," terang Boselli

Ia juga menambahkan hipnosis percakapan dapat diterapkan sebelum operasi bagi pasien yang sudah di anestesi lokal dan juga bermanfaat sebelum anestesi umum. (Muthia Zulfa)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com