Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2015, 07:31 WIB
Lily Turangan

Penulis

Sumber WebMD

KOMPAS.com - Makanan manis dan kafein mungkin bisa memberi  energi tambahan dengan cepat. Tapi setelah pengaruhnya habis, Anda merasa seperti energi lebih terkuras dan Anda merasa lebih lelah dari sebelumnya.

Untuk mengatasi semua itu, yang Anda perlukan adalah solusi energi yang bertahan lama, 10 hal yang membuat Anda bersemangat dan segar dari dalam, seperti di bawah ini.

 

1. Sarapan

Orang yang tak pernah melewatkan sarapan, dilaporkan memiliki energi lebih banyak yang lebih bertahan lama, dibanding orang yang sering melewatkan sarapan.

Makanan tinggi serat seperti sepiring oatmeal dengan potongan buah akan membuat Anda kenyang lebih lama. Lapar yang datang sebelum waktu makan siang akan meredupkan energi Anda. Sarapan tinggi serat mampu mencegah hal itu.

 

2. Yoga

Beberapa studi ilmiah menemukan, bahwa yoga dengan berbagai variasi gerakan dan napas dalamnya, adalah senjata yang ampuh melawan rasa lelah.

 

3. Menyanyi

Lantunan nada lagu-lagu favorit jika dinyanyikan dengan suara keras dapat memerbaiki suasana hati, menimbulkan perasaan gembira, mengurangi stres dan dengan begitu otomatis membuat Anda bersemangat. Demikian menurut penelitian University of Misouri.

 

4. Cukup minum

Dehidrasi dapat membuat tubuh Anda lelah, karena tidak ada bahan bakar yang cukup untuk metabolisme energi. Minumlah sampai air seni Anda berwarna bening. Jangan tunggu sampai tenggorokan kering.

 Angkat gelas Anda dan teguk air putih setiap beberapa jam sekali. Rasakan kebenaran bahwa air adalah sumber energi semua makhluk hidup.

 

5. Makan kacang

Saat Anda merasa lesu, konsumsilah segenggam kacang seperti almon dan kacang mede yang sarat magnesium dan asam folat. Dua zat gizi ini sangat vital untuk energi dan produksi sel.

 

6. Cium aroma kayu manis

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com