Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Kali Sehari Minum Kopi yang Sehat? Berikut Penjelasannya…

Kompas.com - 09/04/2024, 04:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Minum kopi setiap hari sudah jadi kebiasaan yang sulit untuk dihindari. Lalu, berapa kali sehari minum kopi yang sehat?

Ternyata, Anda diimbau untuk tidak minum kopi lebih dari empat hingga lima cangkir sehari.

Pasalnya, minum kopi secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping tertentu yang menyebabkan rasa tidak nyaman, seperti insomnia, sakit perut, dan sakit kepala.

Untuk lebih jelasnya, ketahui berapa gelas kopi dalam sehari yang disarankan dan efek samping yang mungkin muncul berikut ini.

Baca juga: Kenapa Tidak Boleh Minum Kopi setelah Minum Obat? Ini Penjelasannya…

Berapa kali sehari minum kopi yang sehat?

Ternyata, jumlah kopi dalam sehari yang disarankan untuk dikonsumsi adalah tidak lebih dari 400 miligram (mg), atau sekitar empat hingga lima gelas kopi.

Dilansir dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), orang dewasa yang sehat diimbau untuk tidak minum kopi lebih dari empat hingga lima gelas per hari.

Pasalnya, minum lebih dari empat hingga lima cangkir kopi per hari dapat menimbulkan efek samping yang membuat tubuh terasa tidak nyaman.

Bahkan, beberapa orang yang lebih sensitif terhadap kafein dapat mengalami efek samping yang lebih serius, meskipun hanya minum kopi dalam jumlah yang kecil.

Anda yang memiliki kondisi tertentu, seperti sedang minum obat, mencoba untuk hamil, hamil, atau menyusui, perlu membatasi atau menghindari kebiasaan minum kopi sesuai dengan anjuran dokter.

Idealnya, para wanita yang mencoba untuk hamil, sedang hamil, atau menyusui, perlu membatasi asupan kafein agar tidak melebihi 200 mg per hari.

Anak-anak dan para remaja juga diimbau untuk menghindari kebiasaan minum kopi karena belum ada batas aman kopi yang disarankan untuk dikonsumsi karena dapat menimbulkan masalah kesehatan lain yang lebih berbahaya.

Baca juga: Penyakit Apa Saja yang Tidak Boleh Minum Kopi? Berikut 10 Daftarnya…

Apa dampak negatif dari minum kopi?

Kopi umumnya aman untuk dikonsumsi setiap hari oleh orang dewasa yang sehat.

Namun, beberapa orang yang lebih sensitif terhadap kafein dan minum kopi secara berlebihan dapat mengalami efek samping tertentu.

Dilansir dari Healthline, ada beberapa dampak negatif dari minum kopi secara berlebihan yang mungkin dialami, seperti:

  • Gelisah
  • Cemas
  • Sakit kepala
  • Sakit perut
  • Mudah marah
  • Insomnia atau sulit tidur
  • Peningkatan irama denyut jantung
  • Tubuh gemetar

Memahami berapa kali sehari minum kopi yang sehat sangatlah penting karena kebiasaan ini dapat memicu efek samping tertentu.

Anda yang mengalami efek samping minum kopi setiap hari di atas, meskipun jumlah kopi yang diminum sangat sedikit, bisa jadi lebih sensitif terhadap kafein sehingga perlu membatasi atau menghindari konsumsi kafein.

Meskipun begitu, beberapa orang yang sudah terbiasa minum kopi mungkin tidak akan mengalami efek samping yang serius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com