Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/02/2016, 15:30 WIB
KOMPAS.com - Berbeda dengan kepercayaan banyak orang, meditasi ternyata tak selalu berarti kita duduk diam dalam posisi lotus dan mata terpejam. Bahkan, sebenarnya kita bisa melakukan mediatasi di mana saja tanpa duduk diam.

Salah satu keistimewaan meditasi adalah kita bisa melakukannya sesuai dengan kebutuhan. Ada banyak cara dan metode untuk bermeditasi. Ini yang sering tidak disadari banyak orang.

Manfaat dari meditasi sendiri sudah dibuktikan secara ilmiah. Misalnya saja meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi inflamasi, mendongkrak level kebahagiaan, dan juga mencegah penuaan di otak.

Bila Anda termasuk orang yang ingin bisa melakukan meditasi di mana pun, ketahui 5 jenis meditasi berikut ini.

1. Qigong
Ini adalah meditasi kuno dari Tingkok. Bisa dilakukan oleh orang segala usia dan bermanfaat untuk mental, fisik, dan spritiual. Qigong sebenarnya gerakan lambat yang mengalir dan ritmik. Aktivitas ini fokus untuk menenangkan pikiran dan menjaga pernapasan stabil.

Manfaat fisik dan psikologi Qigong antara lain mengurangi rasa sakit, menurunkan kecemasan, dan meningkatkan kestabilan. Jika dilakukan secara rutin kita juga akan merasakan ketenangan pikiran seperti halnya meditasi.

2. Yoga
Selain menghasilkan kelenturan dan kebugaran, melakukan yoga juga dapat memberikan efek seperti meditasi. Ketika kita melakukan gerakan baru yang terasa menantang, pikiran kita lebih fokus dan jernih. Konsentrasi juga lebih baik.

3. Meditasi berjalan
Tidak sekedar melangkahkan kaki, ketika fokus pada perjalanan santai yang sedang dilakukan sebenarnya kita juga sedang bermeditasi. Hal yang terpenting adalah menyadari atau hadis seutuhnya pada momen yang sedang dialami pada saat itu.

4. Tai Chi
Tai Chi sebenarnya adalah ilmu bela diri, tetapi melibatkan gerakan yang lembut, teratur, dan mengarahkan kita untuk memiliki keseimbangan spritual dan kejernihan mental. Walau gerakannya terlihat lambat, tapi ketika kita percepat maka akan menjadi bentuk bela diri.

5. Berada di alam
Menghabiskan waktu berada di alam terbuka sangat bermanfaat positif bagi kesehatan mental. Pengalaman ini juga bisa kita gunakan sebagai bentuk meditasi.  Nikmati suasana dan diam dalam keheningan. Fokuslah pada apa yang sedang Anda alami sehingga konsentrasi dan mood menjadi lebih baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com