Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/04/2016, 21:00 WIB

KOMPAS.com - Puncak kenikmatan seksual alias orgasme merupakan hal yang paling ditunggu pasangan saat berhubungan seks. Pada wanita, orgasme berulang adalah hal yang tak mungkin. Lantas, bagaimana dengan pada pria?

Sebenarnya orgasme berulang pada pria juga bukan sesuatu yang mustahil. Tapi, untuk mencapainya perlu diketahui perbedaan antara orgasme dan ejakulasi.

Orgasme, menurut Ava Cadell, Ph.D, seksolog dari Los Angeles, merupakan bagian dari pengalaman seksual yang terjadi antara 2-7 detik sebelum ejekulasi.

"Orgasme merupakan kombinasi dari sensitivitas seluruh tubuh, napas yang semakin cepat, dan sensasi aliran darah ke penis dan skrotum," kata Cadell.

Sementara itu ejakulasi adalah langkah final dari stimulasi dan melibatkan pelepasan cairan semen. "Selain itu neurotransmitar akan mengirimkan sinyal agar tubuh masuk ke mode istirahat dan pemulihan," tambahnya.

Ketika pria sudah masuk dalam periode istirahat, maka untuk sementara ia akan lemas. Itu sebabnya, menurut Cadell, multi-orgasme berarti lebih banyak kepuasan, selain permainan bisa berlangsung lebih lama, pria juga akan mencapai klimaks lebih kuat dari sebelumnya.

Meski belum jelas berapa kali seorang pria bisa orgasme, tapi mengutip studi yang dilakukan Maters and Johnson disebutkan, seorang pria bisa mencapai tiga orgasme dalam 10 menit.

"Cara mencapainya, ketika Anda merasa akan mencapai puncak, kontraksikan otot PC. Ini adalah otot yang sama yang dipakai untuk menghentikan aliran urine. Jika waktunya tepat, tentu dibutuhkan latihan, Anda pasti bisa menghentikan ejakulasi tapi masih merasakan klimaks," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com