Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/06/2016, 21:00 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber WEBMD

KOMPAS.com - Overdosis gara-gara obat antidiare sedang diselidiki oleh Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat. Mereka memperingatkan obat tersebut dapat menyebabkan masalah pada jantung ketika dikonsumsi lebih dari dosis rekomendasi.

Loperamide adalah bahan utama dalam obat resep dokter Imodium dan obat yang dijual bebas untuk mengontrol diare. Literatur medis mengutip kasus-kasus orang-orang yang mengonsumsi dosis bahan obat tersebut lebih dari 300 mg dalam sekali waktu. Sementara dosis yang direkomendasikan adalah 8-16 mg dalam sehari.

FDA mendapatkan 31 laporan pasien yang dilarikan ke rumah sakit karena masalah jantung, termasuk 10 kematian dalam 39 tahun terakhir setelah mengonsumsi Loperamide dosis tinggi. Tetapi banyak kasus overdosis yang tak dilaporkan ke FDA.

Sementara itu menurut artikel yang bulan lalu diterbitkan di jurnal Annals of Emergency Medicine, di antara 2011 dan 2014 terdapat 71 persen kenaikan laporan terkait Loperamide di national poison centers.

Dalam peringatan yang dikeluarkan secara daring, FDA mengatakan mereka sedang memonitor masalah tersebut dan sedang mempertimbangkan langkah yang akan diambil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com