Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atlet Renang China Mengaku Sedang Haid Saat Berrtanding

Kompas.com - 16/08/2016, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Atlet renang China Fu Yuanhui mengaku sedang haid ketika ia bertanding di Olimpiade Rio. Ia mendobrak tabu dengan berkata jujur tentang siklusnya yang selama ini dipegang banyak orang.

Setelah Yuanhui menyelesaikan nomor estafet 4x100 meter, ia secara jujur mengatakan kepada reporter bahwa ia merasa kurang fit karena sedang menstruasi.

Sambil duduk di lantai dan memegangi perutnya, ia mengatakan, "Renang saya kurang baik hari ini. Saya membuat teman-teman satu tim kecewa. Karena kemarin saya haid, saya sedikit lemah. Tapi ini bukan alasan," katanya.

Pernyataan Yuanhai itu menjadi perbincangan di situs media sosial Sina Weibo. Topik yang ramai dikomentari adalah risiko kesehatan wanita yang berenang saat sedang haid. Tanda pagar #FuyuanHuiPeriod juga menjadi topik terpopuler.

Menurut dokter kebidanan Jen Gunter, tidak tepat jika dianggap menstruasi bisa mencemari kolam renang.

Ia menjelaskan, air kolam tidak akan membuat darah menstruasi keluar ketika seorang wanita berenang. Meski ada kemungkinan ada yang bocor, bahkan saat memakai tampon, tetapi risikonya sangat kecil.

"Tak perlu terlalu fokus pada darah haid karena di kolam renang juga ada keringat, urine, dan sisa tinja. Itulah mengapa di kolam renang ada klorin," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com